Selain Vampir, Ini Dia Mitos Makhluk Penghisap Darah Dari Berbagai Negara

BNews—NASIONAL—Berbicara tentang makhluk penghisap darah, pastinya yang pertama kali teringat adalah vampire. Namun ternyata ada banyak mitos di banyak negara dengan cerita masing-masing tentang makhluk yang menghisap darah korbannya.

Berikut ini daftar beberapa jenis makhluk penghisap darah yang dilansir dari berbagai sumber.

Kappa

Kappa adalah monster mitologi yang berkembang di Jepang. Makhluk ini digambarkan memiliki wujud menyerupai kura-kura yang mengerikan dengan anggota tubuh seperti reptile dan memiliki tempurung di punggungnya.

Makhluk ini diyakini memiliki kebiasaan menyedot darah orang melalui dubur. Mereka diceritakan sering menyerang para perenang dan mencuri hati mereka. Untuk melakukannya, mereka harus mencabut shirikodama dari dubur korban.

Dalam mitologi Jepang, shirikodama adalah sesuatu yang berbentuk seperti bola di dalam dubur yang berisi nyawa seseorang.

Jiangshi

Dalam mitologi China, Jiangshi dikenal sebagai makhluk sejenis vampir yang disebutkan sebagai korban pembunuhan kejam atau tewas karena bunuh diri. Makhluk ini juga dikenal sebagai ”vampire melompat”.

Untuk mengusir Jiangshi bisa dengan cermin, kayu pohon persik, air seni perjaka dan ayam jantan berkokok.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Strigoi

Strigoi adalah mitos makhluk penghisap darah yang berkembang di Romania.  Ada beberapa klaim yang mengatakan bahwa  strigoi adalah vampire asli dan dianggap sebagai asal muasal dari Dracula dan Vampir.

Strigoi dikisahkan sebagai seseorang yang meninggal sebelum waktunya. Dalam 40 hari pertama pertama setelah meninggal, ia akan bangkit dari kubur kemudian kembali dalam wujud seperti saat hidup.

Strigoi hanya meminum darah segar manusia. Setelah lewat dari 40 hari, mereka akan berubah menjadi Moroi, yaitu makhluk semacam mayat berjalan yang menyerang manusia.

Mandurogo

Mandurogo adalah makhluk mitologi yang berkembang di Filipina dalam wujud perempuan cantik bersayap yang disebut Kinnara. Saat dalam wujud Kinnara, mereka bisa menikahi laki-laki yang dicintainya.

Namun ketika laki-laki itu mematahkan hatinya, maka Kinnara akan berubah menjadi Mandurogo yang mengerikan. Mandurogo sendiri dapat berwujud perempuan cantik pada siang hari dan berubah menjadi makhluk dengan lidah tajam, berduri, dan berlubang saat malam hari.

Makhluk ini menggunakan lidahnya untuk meminum darah dari leher si laki-laki yang menjadi korbannya.

Penanggalan

Penanggalan adalah semacam mitos vampire yang berasal dari Asia Tenggara dan punya banyak nama di berbagai negara. Makhluk ini berwujud perempuan cantik pada siang hari, namun saat malam, kepala mereka akan terban meninggalkan badannya untuk mencari mangsa.

Makhluk ini akan memakan organ dalam manusia, dan menggemari wanita hamil juga bayi yang baru lahir. Ia akan meminum darah dari perempuan yang akan melahirkan dengan lidahnya yang panjang dan tidak terlihat. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: