Seribu Pohon Hijaukan Gunung Merapi

BNews–SRUMBUNG– Ribuan orang dari berbagai kalangan padati kawasan Jurang Jero Srumbung Minggu kemarin (22/12). Mereka lakukan aksi tanam 1000 pohon bersama Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM).

Hal tersebut merupakan mandat dari Presiden RI yang menetapkan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) setiap tanggal 28 November. Dan bulan Desember sebagai bulan Menanam Nasional. “Oleh sebab itu TNGM mengajak berbagai pihak untuk menghijaukan kembali area bekas kebakaran hutan di TN Gunung Merapi,” ungkap Kepala Balai TNGM, Pujiati.

Dirinya juga mengungkapkan, melalui kegiatan ini mengajak seluruh komponen masyarakat yang peduli terhadap kelestarian kawasan TNGM. “Mulai dari anak-anak sekolah, pecinta alam, relawan, kelompok masyarakat sampai dengan instansi terkait baik swasta maupun pemerintah dapat ikut menanam. Hal tersebut sebagai upaya pengembalian kondisi ekosistem. Hal ini sebagai wujud kepedulian terhadap kelestarian kawasan hutan Gunung Merapi beserta segala potensi di dalamnya,” imbuhnya.

Untuk proses penanaman sendiri dilakukan di area Gentong, Kecamatan Srumbung. Dimana kita ketahui selama bulan Agustus sampai Oktober 2019 ini setidaknya mengalami empat kali kejadian kebakaran hutan. Sedangkan untuk titik kumpul dipilihlah Obyek Wisata Alam (OWA) Jurang Jero, sekaligus untuk memperkenalkan salah satu potensi wisata yang ada di wilayah Resort Srumbung – TNGM.

Sebanyak kurang lebih 1000 orang berperan dalam penanaman kali ini. Mereka terdiri dari UPT lingkup DIY dan sebagian Jawa Tengah. Ada juga intansi terkait lingkup kabupaten Magelang, perwakilan beberapa Perguruan Tinggi, pemerintah Kecamatan dan desa sekitar kawasan. Ada juga santri, pelajar, MAPALA, Saka Wanabakti, kelompok tani, kelompok wisata, anggota MPA, anggota MMP, tokoh masyarakat, serta relawan peduli lingkungan baik perorangan maupun komunitas.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS UNTUK ANDROID KALIAN (KLIK DISINI)

Pujiati juga mengungkapkan, bibit yang ditanam sejumlah 1.277 batang. “Untuk detailnya berupa Sarangan 1 batang, Berasan 63 batang, Tesek 290 batang, Pronojiwo 20 batang, Gayam 128 batang, Pule 629 batang dan Ringin 146 batang,” paparnya.

Kegiatan ini selain untuk menghijaukan kembali areal bekas kebakaran, juga memperkenalkan wisata alam di lereng barat Gunung Merapi. Ha tersebut bekerjasama dengan kelompok masyarakat, TNGM berupaya mengembangkan Jurang Jero sebagai destinasi wisata alam, termasuk pembenahan lokasi wisata, spot selfie, taman bermain alam, kolam keceh, kebun persemaian, camping ground, jalur downhill, dan jalur trekking.

Kegiatan dilaksanakan pada pukul 07.00 sampai 12.00 dengan berbagai rangkaian acara. Dimulai dengan senam bersama masyarakat, dilanjutkan apel persiapan penanaman yang dipimpin oleh Kasdim Magelang. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: