SERU !! Panen Padi Organik Bersama Biksu Manca Negara di Sawangan Magelang

BNews–MAGELANG-– Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang memang dikenal menjadi salah satu sentra penghasil padi terbaik. Dimana padi-padi hasil pertanian warga diolah menjadi beras unggulan yang dikirim ke berbagai daerah.

Terbaru, para petani di Desa  Sawangan Kecamatan Sawangan tersebut memperkenalkan Padi Organik. Dimana pada masa panen saat ini dikemas menjadi gerakan dan acara panen bersama para biksu dari luar negeri (12/9/2022).

Perlu diketahui para Biksu yang hadir tersebut berasal dari berbagai negara di Asia. Seperti Singapura, Malaysia dan Taiwan.

“Hal ini sebagai langkah pengenalan padi organik dari Sawangan kepada para Biksu dari luar negeri. Dan sebagai salah satu langkah padi organik Sawangan menujuk ekspor,” kata Andono selaku Ketua gabungan tani organik sawangan (12/9/2022).

Tema acara kali ini adalah Padi Organik Menuju Go Ekspor. Sejumlah petani organik menemani tamu para Biksu untuk mengenalkan padi organik.

Dimulai dengan mengunjungi Tuk Mudal yang ada di Desa Sawangan. “Tuk Mudal adalah sumber mata air yang mengairi beberapa sawah organik yang ada di Kecamatan Sawangan,” imbuh Andono.

Selanjutnya  panen bersama padi organik bersama di Dusun Margowangsan Desa Sawangan. Dilanjut ke Vertical dryer yaitu pengering padi.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Kami ajak para tamu ke rumah produksi di Dusun Ngentak Desa Sawangan. Disana para biksu mengetahui alur pengolahan beras organik sampai pada tahap packaging,” ujarnya.

Terakir sarasehan di wisata watu nganten sekaligus promosi beras organik sebagai bahan untuk memperkenalkan beras organic oleh gabungan kelompok tani.

Andono juga menyampaikan bahwa hal ini adalah langkah awal dalam memasarkan dan mengenalkan produk padi organik  ke dunia internasional. “Dengan harapan padi organik semakin digemari oleh masyarakat lokal dan asing. Hal ini karena unsur kesehatan yang ada dalam kandungan beras organik,” tandasnya.

Senada yang disampaikan Saleh salah satu anggota Petani gabungan tani organik Sawangan ini. Dimana kegiatan ini adalah suatu langkah untuk memajukan pertanian.

“Hal ini langkah memajukan para petani padi organik di kawasan Sawangan. Semoga dengan ini diharapkan kesejahteraan petani menjadi lebih baik; yakni ketika padi organik sudah dikenal oleh masyarakat lokal maupun manca negara,” tambahnya.

Sementara , perwakilan Biksu yakni Pushan mengapresiasi kegiatan tersebut. “Ini sangat bagus dan sangat mengedukasi. Hal ini karena padi organik sangat menyehatkan dan baik bagi tubuh manusia,” tutupnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!