Siaga Merapi, Pemkab Magelang Tambah Posko Pengungsian

BNews—MAGELANG—Status siaga Gunung Merapi membuat Pemerintah Kabupaten Magelang terus meningkatkan kesiapsiagaan mengantisipasi erupsi. Berbagai hal disiapkan salah satunya dengan menyiapkan posko pengungsian.

Tempat untuk lokasi pengungsian seperti balai desa dan gedung serba guna. Selain itu, untuk tambahan lokasi pengungsian juga disiapkan gedung sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Aziz Amin Mujahidin mengatakan, posko tambahan tersebar di Kecamatan Salam, Muntilan, Mugkid, dan Mertoyudan.

”Kalau nanti ada kebutuhan yang melebar, kita sudah siap. Di ruang-ruang kelas sudah dibuat bilik-bilik untuk tinggal para pengungsi,” katanya, Sabtu (14/11/2020). Dikutip dari Suarajawatengah.id

Diketahui hingga kini, sejumlah warga yang merupakan kelompok rentan telah mengungsi. Mereka berasal dari Desa Ngargomulyo, Krinjing, Paten dan Keningar, Kecamatan Dukun.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magelang, Edy Susanto mengatakan, saat ini sudah ada sembilan posko yang ditempati warga rentan. Namun nantinya akan ditambah 35 posko sehingga bisa tersedia 1.313 bilik pengungsian.

Sementara jumlah kepala keluarga di 4 desa tersebut mencapai 1.028 KK. ”Sehingga dari 1.313 itu, artinya masih ada bilik yang masih kosong. Nantinya untuk persediaan. Tapi sekali lagi, untuk 4 desa dengan 11 dusun belum seluruhnya (mengungsi),” pungkasnya. (mta)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: