Spot Foto Baru Di Nepal Van Java, Patung Naga Yang Memiliki Filosofi

BNews–MUNGKID– Wisata terhits di lereng Sumbing Kabupaten Magelang Jawa Tengah mulai dibuka kembali bagi para pengunjung. Nepal Van Java mulai dibuka pada Minggu 7 November 2020 lalu.

Sebelumnya mereka diketahui tutup beroperasi sekitar 2 mingguan. Alasannya adalah untuk melakukan penataan lokasi parkir, pengecatan rumah dan penambahan spot spot foto lagi.

Salah satu spot foto yang baru adalah pembenahan sebuah patung naga yang tertempel di sebuah dinding tangga. Dan ternyata patung tersebut memiliki folosofi sendiri.

“Filosofinya sebagai simbol kejayaan, kekuatan, dan kemakmuran waga Dusun Butuh yang waktu itu jadi sentra produksi petani bawang putih,” kata Kepala Dusun Butuh Lilik Setiyawandia

Menurutnya, pendapatan dari sektor pertanian bawang putih kemudian bisa digunakan para petani untuk membangun rumah-rumah yang akhirnya menjadi seperti sekarang ini. “Dahulu, Dusun Butuh memiliki beberapa patung naga. Namun kini yang tersisa hanya di pagar salah satu anak tangga,” imbuhnya.

 Tidak hanya itu, patung yang ada di salah satu anak tangga itu pun dijadikan sebagai spot selfie baru yang bisa dinikmati wisatawan secara gratis. Patung naga kebanggaan warga Nepal van Java.

Menurut Lilik, patung naga yang masih tersisa di Dusun Butuh dianggap sebagai kebanggaan tersendiri bagi warga setempat. “Patung naga dibuat pada zaman kejayaan para petani bawang putih era 80-an. Yang mana itu sudah secara simbol jadi kebanggaan warga Dusun Butuh,” ujar dia. (*)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: