Tanamkan Mimpi ke Tanah Suci Ala SD SMP Terpadu Muntilan

BNews—MUNTILAN—Menanamkan rukun-rukun Islam dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menggelar simulasi manasik haji. Seperti yang dilakukan ratusan pelajar SD dan SMP Terpadu se-Kecamatan Muntilan.

 

Sedikitnya 265 siswa dari lima sekolah melakukan manasik haji yang digelar di SMP Terpadu Ma’arif Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Minggu (3/3). Dalam simulasi tersebut, panitia menciptakan suasana layaknya tanah suci seperti adanya replika bangunan Kabah.

Advertisements
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});


 

Ketua Simulasi Manasik Haji Ahmad Sodiq mengatakan, salah satu tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menanamkan rukun Islam ke-5. Selain itu juga menanamkan keinginan ibadah haji maupun umrah.


 

”Anak-anak dikenalkan sejak dini kaitan ibadah haji mulai tuntunan, urutan dan nilai-nilainya,” jelas pria yang juga menjadi guru bahasa arab di SMP Terpadu Maarif Gunungpring.

 

Ahmad berharap, simulasi tersebut mampu memberikan pengalaman bahwa mengerjakan haji tidaklah sulit. Untuk anak SD, pihaknya membuat doa menjadi sebuah lagu agar lebih menyenangkan.

 

”Kegiatan simulasi manasik haji merupakan agenda tahunan yang sudah diselenggarakan delapan kali oleh siswa SMP. Namun baru pertama kali melibatkan anak SD pada tahun ini,” ungkapnya.

 

Salah satu peserta manasik, Gladisa Ginanjar merasa senang selama mengikuti prosesi manasik. Ia mengaku tidak mengalami kesulitan dalam menghafal doa-doa pada saat kegiatan tersebut. Utamanya dalam melakukan ihram, mabit, lempar jumrah, sa’i, tawaf dan tahalul.

 

”Saya sangat senang bisa mengikuti acara manasik haji. Ini pengalaman pertama saya dan saya mempunyai mimpi untuk menaikhajikan orang tua,” kata siswa kelas 6 SD itu. (magang1/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: