Tarif Cukai Rokok Tahun 2021 Naik 12,5 Persen, Pro Kontra Terjadi di Masyarakat

BNews—NASIONAL Informasi beredar terkait kenaikan tarif cukai rokok pada awal tahun 2021, besok. Hal tersebut menjadi polemik di tengah masyarakat.

Tanggapan beragam tersebut seperti ada yang mendukung ada pula yang bersikap sebaliknya. Seperti beberapa komentar pembaca yang memberikan tanggapan berbeda-beda dengan kenaikan cukai rokok ini.

Beberapa pembaca yang menyatakan dukungannya berharap kebijakan tersebut efektif menurunkan angka pengguna rokok di Indonesia.

”Semoga saja dengan dinaikkannya cukai bisa mengurangi pengguna rokok dan bisa hidup sehat,” tulis Pikri Abdullah.

”Baguslah, biar rakyat yang ngaku miskin tapi sanggup beli rokok kapok dan tobat. Loe mau sampe kapan jadi budak pengusaha rokok, sedangkan anak dan bini Loe minta jajan enggak dikasih,” ketus Tom S mengomentari kenaikan cukai rokok.

Bahkan, beberapa pembaca menilai jumlah rata-rata kenaikan tarif yang ditetapkan kurang tinggi.

Ngapain 12,5 persen kalo bisa bikin aja 50 persen… Biar pada mikir yang merokok… Yang udah berhenti jadi besyukur wkwkwk,” ujar Al-Fatih.

Ada juga yang menyarankan agar tarif cukai rokoknya dinaikkan 100-200 persen.

”Seratus persen donk. Biar kedepan rakyat kita lebih sehat dan sejahtera,” tutur Darwin Widjaja.

”Kalo bisa 200 persen sih”” tambah Aan Aja.

Selain itu, ada juga yang tak setuju dengan kenaikan tarif rokok tersebut.

”Buset… Gak ada cara lain untuk naikin pendapatan negara apa, ya? Seneng bener nyusah-nyusahin perokok,” tulis Jempol Kejepit.

Kalo cuma bisa menaikkan, ganti saja menterinya. Gitu katanya menteri berprestasi,” sambung Xb All.

Ada juga yang beranggapan tarif cukai rokok yang naik bisa berimbas ke harga barang lainnya selain rokok.

”cukai rokok naik, harga rokok juga ikutan naik. Siap-siap harga barang lain juga ikutan naik. Jadi imbasnya bukan cuma buat perokok, bukan perokok juga kena imbasnya. Wkwk,” kata Aldo Alfarizy. (bsn/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: