Teknologi CCTV di Magelang Bakal Pantau Kepadatan Lalu Lintas, Bisa Percepat Lampu Merah

BNews—MUNGKID— Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang akan segera menerapkan teknologi baru pemantauan arus lalu lintas di wilayahnya. Teknologi ini bisa mempercepat dan memperlambat lama rambu lalu lintas. Tergantung tingkat kepadatan kendaraan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang Imam Basori juga mengatakan sistem ini bernama Integratded Traffic Control System ( ITCS). Dimana sistem bekerja menggunakan sensor.

“Lampu apil itu akan berfungsi berdasarkan sensor kepadatan, jadi tidak berdasarkan hitungan waktu yang tetap, namun sensor yang bekerja. Jadi mana yang padat akan didahulukan,” jelas Imam, kemarin.

Sistem tersebut adalah pengendalian lalu lintas dengan menyelaraskan waktu lampu merah pada jaringan jalan raya dari sebuah kota, yang terintegrasi. Adapun titik lokasi yang akan dipasang ITCS diantaranya pertigaan Semen Kecamatan Salam, pertigaan Blondo Kecamatan Mungkid, dan di simpang apil Secang Kecamatan Secang.

“Ketiga lokasi tersebut dipilih karena pertigaan Semen merupakan gerbang masuk Magelang dari arah Yogyakarta. Sedangkan persimpangan Secang merupakan gerbang masuk dari arah Semarang,” kata Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Magelang Sudiq Yurianto.

Sedangkan di Blondo kebetulan dibangun RS Merah Putih jadi bisa mengarahkan orang-orang yang menuju ke rumah sakit,” terang Sudig.

Melalui sistem ITCS tersebut, pihak Sudig bisa melakukan pemantauan dan pengendalian kepadatan arus lalu lintas dari jarak jauh. Mengendalikan ITCS tersebut akan disediakan CCroom khusus guna mengendalikan apil tersebut dari Dishub.

“Contoh misalnya, kepadatan arus yang dari arah Jogjakarta ke Magelang dipantau terlalu tinggi. Maka lalulintas kendaraan bisa diberikan waktu yang lama melalui lampu pengatur lalulintas, agar habis dulu.  Tergantung dari banyaknya kendaraan dari arah yang menuju simpul kemacetan, maka lalulintasnya kita dahulukan,” papar dia.

Selain itu apil tersebut juga akan dilengkapi dengan CCTV tambahan. Namun CCTV yang berbeda dengan yang terpasang sekarang, sebab CCTV yang terpasang sekarang hanya digunakan untuk melihat seberapa banyak kepadatan arus.

Sudig menambahkan, ITCS yang akan dipasang, nantinya juga untuk mengendalikan arus kendaraan di persimpangan. Rencananya sebelum Lebaran sudah terpasang. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: