Terkesan Sunyi, Ini 10 Provinsi Tersepi Di Indonesia

BNews-NASIONAL– Negara Indonesia terdiri dari 34 Provinsi yang tersebar di beberapa pulau. Namun, sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk terbanyak di dunia, Indonesia mengalami masalah dari segi pemerataan penduduk.

Bagaimana tidak, ada provinsi yang memliki penduduk yang sangat banyak, ada pula yang memiliki penduduk yang sangat sedikit padahal wilayahnya cukup luas.

Data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI 2019 menunjukkan, sebagian besar penduduk Indonesia berpusat di Pulau Jawa dengan porsi lebih dari 50%. Sedangkan sisanya menempati beberapa pulau lain dengan persentasi kecil.

Sebelumnya kita ingatkan kembali, bahwa Indonesia disebut juga dengan Republik Indonesia (RI) atau Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ini adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara daratan benua Asia dan Australia; serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau. Nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.

Dengan populasi hampir mencapai 270.054.853 jiwa pada tahun 2018, Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia. Dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 230 juta jiwa.

Namun total penduduk tersebut penyebarannya tidak merata. Sehingga terkesan sunyi jika berada di provinsi ini.

Dan berikut 10 Provinsi tersepi di Indonesia :
1. Kalimantan Utara (9/km2)

Masih berdasarkan data Kemendagri 2019, provinsi paling sepi di Indonesia ternyata di sabet oleh Kalimantan Utara. Miliki luas wilayah mencapai 75.467 km2 atau setara luas negara Skotlandia (78.782 km2) dengan jumlah penduduk hanya 648 ribu orang saja. Provinsi yang beribu kota Tanjung Selor ini memiliki kepadatan penduduk yang tergolong sangat rendah, hanya 9 orang/km2. Kebayang, gimana sepinya wilayah ini.

2. Papua Barat (11/km2)

Posisi kedua diisi oleh Papua Barat, wilayah yang memiliki bentuk menyerupai kepala burung ini memiliki kepadatan penduduk yang tergolong kecil, hanya 11 orang/km2. Sebagian besar wilayahnya ditempati oleh hutan hujan tropis yang masih segar dan belum terjamak.

3. Papua (14/km2)

Papua menempel di posisi ketiga dengan kepadatan penduduk 14 orang/km2 atau setara dengan Argentina yang mencatatkan angka yang sama. Tidak jauh dengan tetangganya Papua Barat, wilayah Papua sebagain besar ditempati hutan belantara yang sangat luas. Provinsi yang beribu kota Jayapura ini juga dikenal memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah.

4. Kaliamantan Tengah (17/km)

Posisi keempat diisi oleh Kalimantan Tengah, wilayah yang menjadi basis Suku Dayak ini hanya memiliki kepadatan penduduk sebanyak 17 orang/km2. Padahal wilayahnya terggolong sangat luas, mencapai 153.564 km2, angkanya lebih tinggo dibanding luas negara Bangladesh (144.000 km2) yang memiliki populasi lebih dari 150 juta jiwa.

5. Kalimantan Timur (28/km2)

Kalimantan Timur bertengger diposisi kelima dengan kepadatan penduduk 28 orang/km2. Salah satu provinsi terkaya di Indonesia ini memiliki wilayah yang cukup luas mencapai 129.006 km2. Wilayah setara negara Yunani (131.940 km2) tersebut hanya ditempati oleh 3.552.191 penduduk.

6. Kalimantan Barat (27/km2)

Bergeser ke Pulau Kalimantan paling barat, posisi keenam sebagai provinsi tersepi di Indonesia ditempati oleh Kalimantan Barat. Memiliki luas wilayah 177.307 m2 dengan penduduk hanya 5.422.814, provinsi ini tercatat hanya memiliki kepadatan penduduk 37 orang/km2 atau setara negara Afrika Slelatan (38 orang/km2). Sebagain besar wilayah Kalimantan Barat ditempati oleh hutan belantara yang cukup luas.

7. Maluku (39/km2)

Posisi ketujuh diisi oleh Maluku dengan kepadatan penduduk 39 orang/km2. Wilayah yang berada di Indonesia Timur ini memiliki luas wilayah 46.914 km2 dengan populasi penduduk kurang dari 2 juta jiwa. Jika dibandingkan negara lain kepadatan penduduk 39 orang/km2 sama dengan angka yang dicatatkan Republik Yaman.

8. Maluku Utara (41/km2)

Posisi kedelapan diisi oleh tetangga Maluku, tepatnya Maluku Utara. Provinsi ini memiliki luas wilayah 31.982 km2 yang ditempati oleh 1,30 juta jiwa. Kombinasi tersebut mencatakan kepadatan penduduk yang relatif kecil, hanya 41 orang/km2. Jika di bandingkan negara lain, angkanya setara dengan kepadatan penduduk Iran.

9. Sulawesi Tengah (46/km2)

Menyebrang ke Pulau Sulawesi, posisi kesembilan diisi oleh Sulawesi Tengah. Provinsi yang beribu kota Palu ini memiliki luas wilayah yang tergolong besar, yakni mencapai 61.841 km2. Luas wilayah tersebut hanya ditempati oleh 2,95 juta penduduk sehingga angka kepadatannya berada di angka 48 orang/km2 atau setara negara Afghanistan (46/km2).

10. Sulawesi Tenggara (69/km2)

Posisi terakhir alias posisi kesepuluh diisi oleh Sulawesi Tenggara. Wilayah penghasil aspal terkemuka yang baru saja meresmikan ikon baru “Jembatan Teluk Kendari” ini memiiki luas wilayah 38.067 km2. Luas wilayah tersebut ditempati oleh 2,63 juta penduduk. Jika kepadatan penduduknya dihitung, angkanya hanya menyentuh 69 orang/km2 atau setara negara Timor Leste.

Memiliki wilayah yang cukup luas, namun hanya ditempati populasi penduduk yang relitif sedikit, membuat kesepuluh provinsi tersebut mencatatkan angka kepadatan penduduk yang rendah. Rendahnya angka kepadatan penduduk menjadikan wilayah tersebut tergolong sangat sepi. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: