Terungkap! Mengapa Bulan Februari Hanya Ada 28 Hari

BNews—NASIONAL— Bulan Februari akan segera berakhir. Dan Maret akan datang menggantikannya.

Bulan kedua di tahun 2021 ini termasuk unik karena hanya memiliki 28 hari. Atau 29 hari setiap empat tahun sekali.

Fenomena unik ini rupanya bermula dari kalender Romawi yang saat itu hanya memiliki sepuluh bulan dalam setahun. Kalender Romawi dimulai pada bulan Maret dan berakhir pada bulan Desember. Yah, Januari dan Februari bahkan tidak ada dalam kalender masa itu.

Musim dingin biasanya selalu hadir pada Januari dan Februari. Bagi orang-orang Romawi yang berhasil mendapatkan panen melimpah, musim dingin tidak ada dalam ’kamus’ mereka.

Pada saat raja kedua Roma naik takhta sekitar 750SM, orang Romawi memutuskan untuk menambahkan dua bulan lagi ke tahun mereka. Gunanya untuk menyinkronkan kalender agar lebih akurat dengan 12 siklus bulan.

Dua bulan itu adalah Januari dan Februari yang masing-masing memiliki 28 hari. Hingga kemudian, raja memutuskan untuk menambahkan satu hari ekstra ke bulan Januari untuk menghasilkan 355 hari dalam setahun. Angka 354 saat itu dianggap sebagai angka sial dan tak bisa diterima.

Setelah siklus lunar berjalan dengan baik selama beberapa tahun, ada banyak musim yang tidak sinkron dengan bulan-bulan khas mereka. Untuk memperbaikinya, orang Romawi menambahkan bulan kabisat yang disebut Mercedonius. Pendeta tertinggi Roma akan memutuskan kapan bulan tersebut muncul dan tak ada warga yang tahu kapan tepatnya.

Penambahan dan pengurangan hari ini menyebabkan kebingungan besar. Ketika Julius Caesar mengambil alih kekuasaan, ia menyusun ulang semuanya dan menyesuaikan panjang tahun dengan Matahari.

Akhirnya, hari dalam kalender dibuat menjadi 365 hari oleh Julius Caesar dan ia sengaja membuat Februari hanya memiliki 28 hari.

Pengaturan itu ternyata cocok dengan sistem musim dan masih dipakai sampai sekarang. Februari tetap menjadi bulan yang paling unik.

Ada yang berulang tahun di bulan Februari? Jika iya, selamat Kamu termasuk orang-orang yang unik dan istimewa. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: