Tips Memilih Hosting Website Terbaik Untuk Pemula

BNews—TEKNO— Web hosting ibarat sebuah rumah yang mana didalamya terdapat berbagai macam barang. Fungsi hosting secara analogi tidak jauh berbeda dengan rumah, yakni untuk menampung barang.

Adapun barang yang ditampung dalam layanan web hosting adalah berupa data atau file website itu sendiri sehingga semua data website dapat diakses banyak orang secara online. Dan agar tidak mengganggu performa website Anda, maka Anda wajib menggunakan web hosting terbaik.

Tips Memilih Web Hosting Yang Tepat

Perlu diketahui bahwa kualitas server suatu layanan web hosting akan menentukan performa suatu website. Oleh karena itu, adalah sangat penting bagi seorang pengguna untuk dapat memilih layanan web hosting yang kualitasnya sudah teruji atau dengan konsekuensi website mereka akan sulit berkembang karena kinerja server yang tidak optimal.

Untuk Anda yang masih awam perihal web hosting, berikut cara memilih web hosting terbaik yang tepat untuk website atau blog self-hosting Anda.

1. Performa Server

Pertimbangan pertama dalam memilih web hosting baik hosting Indonesia maupun hosting luar negeri adalah mengacu pada kinerja server. Pastikan servernya memiliki kecepatan dan stabilitas yang baik. Bagaimana cara mengetahuinya? silakan cek performa website klien.

2. Fitur

Cari tahu fitur apa saja yang ditawarkan provider bersangkutan. Mengingat Anda sudah membayar, maka jangan sampai Anda mendapatkan layanan web hosting yang sarat dengan keterbatasan. Pilihlah web hosting unlimited yang dilengkapi fitur-fitur penting lainnya seperti fitur proteksi, optimasi, hingga keamanan.

3. Pelayanan

Sebagai pengguna berbayar, Anda harus mendapatkan pelayanan yang baik. Cari tahu apakah provider web hosting yang akan Anda pilih menyediakan tim dukungan teknis yang memadai. Ini sangat penting karena pada suatu waktu Anda akan membutuhkan bantuan teknis jika ada kendala tata-kelola hosting yang Anda hadapi.

4. Garansi

Anda perlu mendapatkan perlindungan berupa garansi pengembalian uang. Dengan adanya garansi refund, maka Anda dapat mengajukan pengembalian uang sebesar yang telah Anda bayarkan jika dikemudian hari Anda mendapati kurang puas dengan layanan web hosting yang telah Anda beli.

5. Harga Terbaik

Ada banyak perusahaan penyedia jasa web hosting diluar sana yang saling beradu penawaran. Pilihlah perusahaan web hosting yang menawarkan harga terbaik dengan kualitas layanan yang telah teruji. Apa indikatornya? Jika kualitas layanan suatu provider memang telah teruji, secara logika provider tersebut telah memiliki banyak klien. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: