Tradisi Perang Air Kembali Digelar Sambut Ramadhan di Mertoyudan

BNews—MERTOYUDAN—Tradisi perang air akan menyambut Bulan Ramadhan di Mertoyudan Kabupaten Magelang. Tradisi yang diberi nama Bajong Banyu merupakan agenda rutin di Dusun Dawung Desa Banjarnegoro Kecamatan Mertoyudan akan digelar besok Rabu, 1 Mei 2019.

Gepeng Nugroho salah satu panitia tradisi ini mengungkapkan bawah Tradisi ini ditujukan untuk menyucikan diri menyambut bulan puasa. “Tradisi yang sudah masuk ke tahun keenam ini akan dilaksanakan dengan diawali dengan game tradisional, live music, pertunjukan tarian tradisional dari mulai Topeng Ireng hingga Jathilan, kemudian dilanjutkan dengan prosesi pengambilan air di sumber air Sendang Kedawung oleh puluhan warga serta para tokoh dan perangkat desa setempat,” katanya kepada Borobudur News pagi ini (30/4).

Advertisements
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});


Selanjutnya setelah dilakukan pengambilan air akan dilaksanakan perang air sebagai makna padusan sebelum memasuki bula suci Ramadhan. “Seperti yang sudah-sudah, masyarakat bersama pengunjung yang hadir akan ikut saling lempar air sebagai makna padusan, inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dalam tradisi ini,” imbuhnya.


Gepeng Nugroho juga mengungkapkan bahwa banyak makna filosofis yang terkandung dalam Tradisi Bajong Banyu tersebut. “Pertama adalah arti pentingnya air di Sendang Kedawung yang memberikan penghidupan untuk masyarakat Dawung dan sekitarnya, dan kedua untuk kemasan tradisi padusan menjelang bulan Ramadhan agar lebih menarik lagi. Tradisi ini menjadi atraksi seni dan budaya yang juga menarik wisatawan untuk berkunjung dan menyaksikannya,” paparnya.

“Acara ini berlangsung secara terbuka untuk siapapun yang berkenan hadir, tidak hanya masyarakat setempat namun wisatawan dari berbagai daerah biasanya juga turut hadir dalam tradisi Bajong Banyu ini,” pungkasnya.(bsn)

1 Comment
  1. Deny says

    Suci sih suci, tapi plastiknya itu loh hon, besok bungkus airnya diganti pakai daun pisang ya, biar ramah lingkungan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: