Tugu di Pertigaan Blondo Magelang Dibongkar, Ini Alasannya

BNews—MUNGKID—Pembangunan gerbang di Blondo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang sudah mulai dikerjakan. Diketahui bahwa gerbang tersebut akan di hiasi oleh ikon patung pohon Kalpataru.

Gerbang Kalpataru akan menjadi salah satu gerbang masuk menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur. Saat ini pembangunannya dimulai dengan pembongkaran tugu yang ada di lokasi tersebut.

”(Pembangunan) diawali dengan pembongkaran tugu di pertigaan Blondo,” kata Kepala Satuan Kerja Pelaksana, Prasarana, Permukiman Wilayah Satu BBPW Jateng PADA Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR, Dwitma Singgih Raharja Sabaris, Rabu (13/1/2021). Dikutip dari beritamagelang.

Dalam proses awal pembangunan Gerbang Kalpataru, kata dia, ada pembebasan tanah di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Blondo. Sebab lokasi bangunan sekolah tersebut akan menjadi bagian dari pembangunan Gerbang Kalpataru.

Singgih menyebut, Dinas Pendidikan Kabupaten Magelang akan melakukan grouping dua sekolah yakni SDN 1 Blondo dan SDN 3 Blondo menjadi SDN Blondo. ”Selain itu, juga dilakukan pembebasan tanah di Gereja Kapel Blondo Kristus Raja, yang juga sudah beres,” terang Singgih.

Selain Gerbang Kalpataru, ada gerbang-gerbang lain yang sedang proses dan ada yang sudah jadi. Gerbang yang sudah jadi yakni Gerbang Kapal Pinisi di Klangon, yang berada di perbatasan Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang dengan Kabupaten Kulonprogo.

”Sedangkan Gerbang Singa di Palbapang, Kecamatan Mungkid, sementara hanya pematangan lahan saja. Pembangunan gerbang masih menunggu persetujuan Heritage Impact Assesment dari Unesco,” ungkapnya.

Kemudian pembangunan Gerbang dengan ikon Gajah di Kembanglimus, Kecamatan Borobudur belum bisa dimulai. Sebab masih menunggu juga persetujuan Heritage Impact Assesment dari Unesco. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: