79 Warga Dukun Magelang Tempati Lokasi Pengungsian, Begini Kondisinya

BNews—MERTOYUDAN—Sebanyak 79 warga Desa Krinjing, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang telah berada di lokasi pengungsian. Yang berada di Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jumat (6/11/2020) siang.

Pantauan Borobudur News di lokasi pengungsian pada Jumat (6/11/2020) siang, para warga sudah menempati bilik-biliknya. Kemudian ada beberapa warga yang sedang menyiapkan makanan di dapur yang sudah disediakan.

Diketahui bahwa bilik tersebut dipersiapkan untuk menyekat guna membatasi jarak antar penghuni tiap bilik.

Para warga Desa Krinjing sendiri yang mengungsi terdiri dari lansia, ibu hamil, ibu menyusui, anak-anak dan difabel. Diketahui di lokasi tersebut juga ada posko kesehatan yang telah disiapkan.

dapur umum di lokasi pengungsian

”Persiapan ini dari tiga hari lalu. Kita dengan BPBD Kabupaten Magelang menyiapkan tempat ini termasuk logistiknya. Pos kesehatan juga sudah siap,” kata Kepala Desa Deyangan, Risyanto, Jumat (6/11/2020).

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)
Loading...

Sementara itu, Kepala Desa Krinjing, Ismail mengungkapkan dari 79 warga tersebut berasal dari tiga dusun yakni Trayem, Trono dan Pugeran. ”Jarak dari puncak Merapi sekitar 5 kilometer,”ungkapnya.

Dia juga menyebut, dari 79 warga tersebut juga tidak ada yang sedang menjalani isolasi mandiri. Selain itu, Ismail mengaku bahwa di lokasi pengungsian itu tetap diterapkan protokol kesehatan.

Bidan Puskesmas Kota Mungkid Nurfina Widayati menambahkan, para pengungsi tersebut semuanya bakal di-rapid test. ”Arahan Kadinkes bahwa semuanya begitu masuk sini (lokasi pengungsian) semua dirapid supaya tahu hasilnya gimana,” ujarnya.

Salah satu pengungsi menjalani rapid test

Dia menjelaskan, bila nanti ada yang reaktif maka akan langsung di-swab. ”Bila hasil swabnya positif maka langsung di karantina ke rumah sakit,” imbuhnya.

Kemudian, bila ada warga yang batuk, demam, ada yang menjurus sakit tenggorokan, atau hilang indra perasa dan penciumannya diharapkan langsung dirujuk ke rumah sakit Merah Putih. ”Jadi tetap harus dipantau terus kesehatannya,” pungkasnya. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: