TWC Hadirkan Destinasi Wisata Inspiratif Di Libur Nataru, Ini Daftarnya

BNews–MAGELANG– PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC) sebagai Indonesia Heritage Management berkomitmen penuh; dalam pengelolaan destinasi heritage and culture yang berkelanjutan dan berkualitas.

Salah satunya dilakukan dengan memastikan kesiapan seluruh destinasi yang dikelola PT TWC, dalam rangka; menghadapi Masa Ramai Liburan Natal & Tahun Baru (Nataru) 2022/2023. Guna menghadirkan destinasi yang inspiratif, edukatif, dan berbudaya; serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan.

PT TWC adalah anak usaha PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau Injourney, yang merupakan induk holding BUMN Pariwisata; memiliki target jangka panjang untuk menjadi badan naungan bagi seluruh industri yang bergerak di bidang hospitality.

Adapun Injourney Service Value yang diterapkan PT TWC dalam memberikan layanan kepada wisatawan, yaitu Hospitable, Emphatetic, Authentic, Responsible dan Trustworthy.

Dalam rangka mempersiapkan seluruh destinasi pada Masa Ramai Nataru 2022/2023, PT TWC berkerjasama dengan para stakeholder; baik dari unsur Pemerintahan, Masyarakat maupun Media. Hal ini dilakukan, mengingat pentingnya sinergi; dan kolaborasi dalam menghadirkan pelayanan prima bagi setiap wisatawan yang berkunjung.

PT TWC menetapkan Masa Ramai Liburan Nataru 2022/2023 pada periode 24 Desember 2022 s.d 2 Januari 2023.

Adapun berbagai persiapan yang dilakukan diantaranya dari sisi keamanan, PT TWC bekerjasama dengan Pengamanan Samping (Pam Samping) untuk memberikan rasa aman bagi wisatawan yang berkunjung ke destinasi-destinasi PT TWC.

TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR

PT TWC mengelola destinasi Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) yang berlokasi di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Selama periode Masa Ramai Nataru 2022/2023, wisatawan dapat berkunjung hingga pelataran/halaman Candi Borobudur, pada pukul 07.00 – 17.30 WIB.

PT TWC menargetkan jumlah kunjungan pada Masa Ramai Nataru 2022/2023 di destinasi TWCB selama periode 24 Desember 2022 s.d 2 Januari 2023, sebesar 166.843 wisatawan. Puncak kunjungan diprediksi akan terjadi pada 1 Januari 2023, tepat saat moment Tahun Baru, yaitu sebesar 24.372 wisatawan.

Untuk memanjakan wisatawan saat berkunjung ke destinasi Candi Borobudur, PT TWC telah menyiapkan beragam atraksi menarik; diantaranya Edukriya Go Green yang merupakan sinergi kerjasama dengan pelaku seni masyarakat Borobudur.

Edukriya Go Green digelar selama Masa Ramai Nataru 2022/2023, yaitu pada tanggal 24 – 31 Desember 2022 dan 1 Januari 2023.

Wisatawan dapat menukarkan botol plastik yang mereka bawa untuk mendapatkan experience membuat kerajinan yang terinspirasi dari Candi Borobudur, berbahan sampah plastik dan bahan pendukung lainnya, untuk dibawa pulang sebagai souvenir.

Edukriya Go Green menjadi satu media edukasi bagi wisatawan, mengenai konsep Go Green di destinasi TWCB melalui aktivitas yang dapat dilakukan secara langsung oleh wisatawan.

Selama Masa Ramai Nataru 2022/2023, PT TWC juga bersinergi dengan sanggar seni yang ada di sekitar Borobudur. Wisatawan dapat menikmati pertunjukan tari tradisional khas Borobudur, saat berkunjung ke destinasi TWCB.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Guna mengamankan destinasi TWCB, PT TWC menerjunkan 108 personil pengamanan internal, serta didukung 124 personil pengamanan eksternal; yang terdiri dari Pam Samping, TNI dan Polri. PT TWC juga didukung oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang; dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas).

Hal itu guna pengaturan flow kedatangan dari arah Palbapang, Blondo, Salaman dan Kulonprogo. Adapun pengamanan kawasan Obvit (Obyek Vital); dan pengamanan destinasi, didukung oleh Polres Magelang. Dari sisi medis, PT TWC bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Magelang.

Masa Ramai Nataru 2022/2023 diprediksi akan mengalami peningkatan kebutuhan area parkir kendaraan wisatawan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, PT TWC bekerjasama dengan masyarakat Borobudur guna penyediaan kantong-kantong parkir cadangan; yakni di kawasan sekitar Candi Borobudur dan dikelola oleh masyarakat, yang tersebar di beberapa titik yaitu Lapangan Kujon; Lapangan Kanisius, Dusun Gendingan, Janan, Dusun Kurahan, Dusun Ngaran I dan Dusun Ngaran II.

TAMAN WISATA CANDI PRAMBANAN DAN RATU BOKO

Selama periode Masa Ramai Nataru 2022/2023, wisatawan dapat berkunjung hingga pelataran/halaman Candi Prambanan dan Keraton Ratu Boko, pada pukul 07.00 – 17.30 WIB. Pada Masa Ramai Nataru 2022/2023, ditargetkan sebanyak 213.000 wisatawan akan mengunjungi destinasi Taman Wisata Candi Prambanan dan Ratu Boko (TWCPRB) selama periode 24 Desember 2022 s.d 2 Januari 2023.

Guna memberikan hiburan bagi wisatawan saat berkunjung ke Candi Prambanan, PT TWC menyiapkan ragam atraksi yaitu parade pasukan Bregadha, atraksi tokoh pewayangan, pertunjukan musik Akustik, dan musik tradisional Cokean. Sedangkan di Keraton Ratu Boko, wisatawan akan dihibur dengan sajian atraksi Gejok Lesung, pertunjukan musik Srandul, Sitter, Cokean, dan Gender.

TEATER DAN PENTAS

Teater dan Pentas sebagai salahsatu unit bisnis PT TWC, mengelola seni pertunjukan yaitu Sendratari Ramayana Ballet; Dramatari Roro Jonggrang dan Drama Musikal Boneka Kayu Pepino serta bisnis kuliner yaitu Rama Shinta Garden Resto.

PT TWC menargetkan 1.600 wisatawan akan berkunjung ke Teater dan Pentas selama periode 26 – 31 Desember 2022.

Wisatawan dapat menikmati ‘Special Show Dramatari Roro Jonggrang’ di Masa Ramai Nataru 2022/2023 ini pada 26, 28 dan 30 Desember 2022.

Sedangkan Drama Musikal Boneka Kayu Pepino dapat dinikmati oleh wisatawan pada 26 – 31 Desember 2022.

Wisatawan juga dapat menikmati ‘Special Dinner All You Can Eat’ ala Rama Shinta Garden Resto dengan view Candi Prambanan di malam hari, pada 26 – 31 Desember 2022.

THE MANOHARA HOTEL YOGYAKARTA

The Manohara Hotel Yogyakarta sebagai salah satu unit bisnis PT TWC dibidang akomodasi dan restoran, menyiapkan program menarik. Yakni selama Masa Ramai Nataru 2022/2023.

Diantaranya paket ‘Magical Christmas Buffet Dinner’ pada malam Natal yaitu 24 Desember 2022, paket menginap; dan perayaan malam Tahun Baru 2023 ‘New Year Casino Night’, ‘New Year Eve – Gala Dinner &

Countdown Party’ pada 31 Desember 2022 saat pergantian malam Tahun Baru 2023, serta paket hantaran ‘Holiday Cookies’.

TAMAN MINI INDONESIA INDAH

Pasca revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), PT TWC telah membuka pintu destinasi untuk kunjungan wisatawan dalam masa Uji Coba Operasional sejak 20 November 2022. Artinya, Masa Ramai Nataru 2022/2023 ini menjadi moment peak season perdana TMII pasca penutupan destinasi selama revitalisasi.

Dengan Wajah Baru TMII saat ini, PT TWC memprediksi terjadinya kenaikan signifikan terhadap angka kunjungan wisatawan. Ditargetkan 262.000 wisatawan akan mengunjungi TMII selama periode 24 Desember 2022 – 2 Januari 2023.

Berbagai persiapan dilakukan PT TWC untuk pelayanan Masa Ramai Nataru 2022/2023, diantaranya penambahan akses pintu masuk wisatawan; yaitu Pintu 3 (utama), Pintu 1 dan Pintu 4, dengan jam operasional pukul 06.00 – 16.00 WIB (Senin – Jumat); dan pukul 05.00 – 16.00 WIB (Sabtu – Minggu).

Khusus tanggal 31 Desember 2022, jam operasional TMII akan dibuka lebih panjang hingga pukul 24.00 WIB.

Guna mengantisipasi kebutuhan tambahan area parkir kendaraan wisatawan, PT TWC bekerjasama dengan berbagai pihak; untuk penyediaan kantong-kantong parkir cadangan, yang tersebar di beberapa titik lokasi; yaitu Area Taman Burung, Area PP IPTEK, Area Migas, Museum Komodo, Area Pintu 5 Museum Budaya Tionghoa, dan kerjasama dengan Museum Purna Bhakti.

Selain menikmati Wajah Baru TMII dan ragam Anjungan serta Wahana, wisatawan juga akan dihibur dengan pertunjukan atraksi budaya; diantaranya Support Anjungan Daerah, Ragam Budaya, Musisi Jalanan, Changing Guard, Color Guard, Musik Legenda (Koes Plus); Angklung Paglak, Calung, Banyumasan, Sisingaan, Barong Blora, Taman Mini Menari; Musik Gendang Kempul, Jejangkungan, Reyog Ponorogo, Musik Doll Bengkulu, dan Blegajuran.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Selain itu, PT TWC juga menggandeng Seniman Pahat dan Seniman Lukis untuk memberikan atraksi edukatif bagi wisatawan.

Pada pergantian malam Tahun Baru 2023, PT TWC berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif DKI Jakarta; menyelenggarakan Event Tahun Baru 2023 di Ibu Kota Jakarta yang terpusat di TMII.

Event ini turut mendukung program “SEMARAK INDONESIA GELORAKAN KTT ASEAN SUMMIT 2023” Event ini menghadirkan Grup Band Indie & Kesenian Rakyat; Parade Budaya Nusantara di beberapa titik lokasi antara lain Plaza Keong Emas, Plaza Gajah Mada; Plaza Utara & Selatan Gedung Pengelola dan Acara Puncak di Danau Archipelago.

“PT TWC sebagai Indonesia Heritage Management, senantiasa mendengar dan berbenah dalam upaya-upaya memberikan layanan terbaik bagi wisatawan. Pada Masa Ramai Nataru 2022/2023 ini, kami hadir dengan konten dan aktivitas yang sarat dengan nilai edukasi bagi wisatawan, melalui ragam experiential program. Kami menggandeng komunitas-komunitas Seni Budaya dan Kearifan Lokal, sebagai upaya memperkuat akar kebudayaan Bangsa Indonesia. Besar harapan, destinasi-destinasi yang kami kelola, mampu memberikan Experience Value bagi wisatawan bahkan menjadi sumber inspirasi bagi seluruh lapisan masyarakat untuk berkarya dan berkreasi”, kata Edy Setijono, Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!