Umat Hindhu Magelang Gelar Ritual Melasti di Tuk Mas Grabag


BNews—GRABAG— Umat Hindu yang tinggal di Magelang menggelar upacara melasti di Sumber Mata Air Tuk Mas Desa Lebak Kecamatan Grabag. Prosesi ini dilaksanakan dengan sederhana tanpa banyak umat yang datang.


Biasanya, setiap tahunnya, prosesi melasti di Mata Air Tuk Mas ini selalu ramai. Diikuti ratusan umat Hindu di Kota dan Kabupaten Magelang.


Proses pengambilan air suci di sumber mata air Tuk Mas kali ini hanya diikuti perwakilan umat Hindu sebanyak tujuh orang dan tanpa iringan gamelan Bali.

Klian Banjar masyarakat Hindu di Kabupaten/Kota Magelang Wayan Satra mengatakan, pihaknya sengaja melaksanakan prosesi dengan sedikit orang. Sesuai anjuran pemerintah untuk tidak melakukan kegiatan massa.


“Berkaitan dengan merebaknya virus korona upacara Melasti dilakukan sederhana namun tidak mengurangi makna pemelastian hari ini,” kata Wayan Satra, melansir Antara.

Melasti dilakukan dengan tujuan menetralisasi kekuatan jahat maupun bersifat baik harus seimbang. Mengingat umat manusia saat ini sedang mengalami cobaan hidup dengan wabah kasus virus korona.

“Sebagai umat Hindu ikut menetralisasi kekuatan-kekuatan yang akan mengganggu kehidupan masyarakat, khususnya di Kabupaten/Kota Magelang dan secara umum di Indonesia,” ungkapnya.

Loading...


Sementara itu, Mangku Surono menambahkan, tirta dari sumber air Tuk Mas nantinya untuk prasarana penyucian di lingkungan Pura Wira Buwana kompleks Akademi Militer Magelang dan semua sarana yang dipakai saat upacara Tawuragung.


“Melalui kegiatan ini semua kembali, roh-roh jahat kembali ke tempatnya dan tidak mengganggu dan kita diberi kekuatan untuk hidup damai dan rukun,” pungkasnya. (wan/her)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: