Upload Hoax Soal Pencurian di Facebook Pria Asal Tegalrejo Diringkus Polisi

BNews-MUNGKID– Seorang buruh bangunan asal Tegalrejo harus berurusan dengan satuan Cyber Polres Magelang. Pasalnya dia memposting sebuah video hoax di grub facebook Info Cegatan Magelang dan Sekitarnya Sabtu kemarin (25/4/2020).

Kasat Reskrim Polres Magelang, AKP Hadi Handoko dalam konferensi pers online siang ini mengatakan pelaku diketahui  berinisial MJ, 29 warga Desa Sidorejo Kecamatan Tegalrejo. “MJ ini saat itu memposting sebuah video penangkapan pencuri. Dan caption dalam postingannya menyebutkan penangkan pencuri di daerah Borobudur,” katanya, siang ini (30/4/2020).

Setelah ditelusuri ternyata video tersebut hoax dan tidak benar terjadi di Borobudur Magelang. “Polisi Cyber Polres Magelang dalam hal ini langsung mendatangi MJ dirumahnya untuk klarifikasi. Dan ternyata MJ dengan nama aku Facebok Rizka Playstasion ini mengakui telah memposting hal itu,” paparnya.

Setelah dilakukan penyelidikan dan klarifikasi kepada MJ, menurut Kasat Reskrim pelaku ini sudah memposting permintaan maaf. “Postingan permintaan maaf karena telah memposting video hoax di grup tersebut dilakukan oleh MJ kemarin,” imbuhnya.

Kasat Reskrim Polres Magelang mengaku sebenarnya MJ ini telah terbukti melakukan tindak pidana setiap orang dengan sengaja, dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan. Dimana mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat 1 UU ITE.

“Namun dalam hal ini MJ kooperartif dan dengan unsur tidak sengaja. Dan berniatan untuk saling mengingatkan serta sudah meminta maaf maka tidak dilakukan penahanan,” ungkapnya.

Hadi juga berharap kejadian ini menjadi eduksi bagi masyarakat Magelang khususnya para netizen untuk lebih menyaring terlebih dahulu sebelum disebarkan. “Dan perlu diingat Patroli Polisi Cyber Polres Magelang selalu memantau grup-grup media sosial yang ada di Magelang,” pungkasnya. (bsn/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: