Usai ‘Disentil’ Menteri BUMN, Pertamina Akan Gratiskan Penggunakan Toilet di SPBU

BNews—NASIONAL— PT Pertamina (Persero) angkat suara usai ‘disentil’ Menteri BUMN Erick Thohir karena toilet di SPBU perusahaan masih bayar.

Sebelumnya, Erick mengunggah sebuah video di akun Instagramnya yang menunjukkan adanya pungutan di sebuah toilet di SPBU Pertamina. Dalam video tersebut, Erick terlihat tengah berbincang dengan penjaga toilet di SPBU itu.

“Kalau yang mau pakai bayar Rp2.000 kalau kencing dan mandi Rp4.000. Kenapa enggak gratis ini? Kan ini fasilitas umum,” kata Erick kepada penjaga toilet di SPBU tersebut.

”Saya kurang tahu pak soalnya saya cuman kerja pak,” jawab penjaga toilet SPBU tersebut.

Atas temuan itu, Erick pun meminta direksi Pertamina untuk menggratiskan toilet di seluruh jaringan SPBU Pertamina.

“Kepada direksi Pertamina saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis. Karena kan sudah dapat dari jualan bensin. Sudah gitu, ada juga toko kelontong. Jadi, masyarakat mestinya mendapatkan fasilitas tambahan,” kata Erick.

“Saya minta direksi Pertamina harus perbaiki. Dan saya minta nanti seluruh kerja sama dengan pom bensin swasta yang di bawah Pertamina toiletnya enggak boleh bayar harus gratis,” sambungnya.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading Pertamina Irto Ginting mengatakan, pihaknya akan menggratiskan toilet di SPBU perusahaan.

Download Aplikasi BorobudurNews (Klik Disini)

Agar itu bisa terealisasi, pihaknya akan mengingatkan pemilik SPBU untuk meningkatkan layanan ke masyarakat, termasuk memastikan akses gratis toilet serta memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya.

”Toilet merupakan salah satu bentuk layanan yang ada di SPBU. Kami sosialisasikan kembali ke para pemilik SPBU untuk meningkatkan layanan ke masyarakat.

Tidak hanya layanan BBM, namun juga termasuk memastikan ketersediaan toilet secara gratis dan memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya,” jelas dia, Selasa (23/11).

Dalam pantauan Borobudurnews.com, Rabu (24/11), terdapat stasiun pengisian BBM di Magelang yang sudah menerapkan fasilitas toilet gratis bagi masyarakat. Bahkan, SPBU tersebut memasang poster bertuliskan ‘toilet gratis.

Poster itu ditempelkan di antara kedua toilet wanita dan pria, serta di pintu masuk toilet wanita maupun pria. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: