Warga Temukan Jejak Macan Tutul Turun dari Hutan Merapi

BNews—SLEMAN—Terdapat sebuah video jejak kaki yang diduga milik macan tutul terlihat di jalur evakuasi yang sedang dalam perbaikan di Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Banyaknya jejak kaki tersebut, diperkirakan macan tutul lebih dari satu ekor.

Video tersebut diunggah oleh channel youtube Indo24hours, pada Minggu (22/11/2020). Dalam video tersebut nampak sejumlah tapak kaki yang diduga dari macan tutul.

”Pagi-pagi pada dua hari lalu itu, banyak warga yang lewat depan rumah saya yang mengarah ke perbaikan jalan. Akhirnya saya penasaran, sampai di lokasi saya temukan titik-titik jejak yang dimungkinkan itu macan tutul,” kata Anggota Babinsa Glagaharjo, Eko Widodo dalam rekaman video tersebut.

Dia menjelaskan, kemungkinan macan tutul itu muncul dari semak-semak. Lantas menginjak jalan evakuasi dan melintas kemudian menuju ke semak-semak di sisi jalan satunya

”Melompat ke sini (jalan evakuasi). Karena kemarin kan ini kondisinya belum kering, (macan tutul) mungkin kaget dengan situasi yang baru akhirnya ke tengah jalan dan menuju ke semak-semak (yang berada di sisi jalan satunya),” jelas dia.

Dalam video tersebut, Eko menunjukkan sejumlah jejak kaki yang didiuga milik macan tutul. ”Kalau sesuai jejak, ini ada dua, satu dewasa dan satu anakan,” imbuh dia

”Kalau pengalaman saya telurusi sama teman-teman TMGM, pasti ada anakannya dan itu jejaknya besar serta kecil. Anakannya itu mengikuti ibunya, jadi gak jauh dari jejak kaki ibunya,” sambungnya.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Lebih lanjut, Eko mengatakan bahwa ada beberapa warga yang mengaku pernah melihat macan tutul tersebut. Menurutnya, memang sejak dulu sudah habitat macan tutul dan sekitar daerah tersebut adalah perlintasan.

”Jadi mereka sudah seperti punya kehidupan masing-masing. Yang merumput terus ke kebun ini tidak mengganggu, begitu lupa hewan tersebut juga tidak mengganggu. Selama ini belum ada laporan ada kehilangan hewan ternak,” imbuh dia.

Tambah Eko, ada beberapa pekerja jalan evakuasi tersebut yang mengaku sempat mendengar suara auman menggeram sekitar pukul 03.00 WIB. ”Terus mereka waspada , ada sempat ketakutan. Mereka agak menyingkir dan salah satu dari pekerja melihat seekor anakan (macan tutul),” pungkasnya. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: