WOW… Bupati Banyumas Buat Hand Sanitizer dari Ciu

BNews—BANYUMAS— Bupati Banyumas Achmad Husein berinisiatif membuat hand sanitizer untuk menangkal Covid-19. Uniknya, cairan pembersih tangan itu berbahan dasar dari minuman keras tradisional jenis ciu.

Produk minuman memabukkan itu diproduksi warga Desa Wlahar, Kecamatan Wangon, Banyumas. ”Ya daripada dibuat untuk mabuk-mabukan. Dari Wlahar, dari mana saja,” kata Husein sambil menunjukkan hand sanitizer buatannya tersebut.

Bupati Husein mengungkapkan, akan membuat hand sanitizer dari ciu dengan jumlah lebih banyak lagi. Ia akan mengemas ke dalam botol sederhana untuk dibagikan ke masyarakat.

”Saya kemarin membikin sendiri, sudah diujicobakan,” ungkapnya.

Ungkap Husein, hand sanitizer tersebut mengandung 96 persen alcohol dari campuran ciu. Selain itu juga mengandung glisterin sebagai penghalus dan hidrogen peroksida (H202) sebagai antiseptik.

Terkait rencana pembuatan cairan pembersih tangan tersebut, Huesin dirinya telah membuka komunikasi dengan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan (Puspitek). Tugas lembaga riset itu adalah memberikan alat yang bisa menaikkan kadar alhokol dalam ciu, yakni 20 persen menjadi 70 hingga 90 persen.

”Alatnya ada di Puspitek, saya sudah memesannya,” pungkasnya. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: