Menghidupkan Kembali Budaya Sonjo Di Muntilan

0
147
( Tim Bersama Wargat Sedang Bersenda Gurau di Kolam Ikan Warga Menayu ) 

BNews- MUNTILAN – Kearifan lokal jika tidak dilestarikan akan hilang termakan zaman dengan perkembangan zaman saat ini cukup pesat. Salah satunya kearifan lokal yang di kenal dengan sebutan Budaya Sonjo di daerah Dusun Menayu Desa Menayu Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang.

Budaya Sonjo sering orang Kampung maknai sebagai budaya bertamu yang tidak hanya bertujuan memiliki hajat tertentu melainkan sekedar berbincang-bincang hingga timbul suatu kekerabatan yang erat seperti layaknya rumah sendiri, sampai lupa bahwa ia sedang bertamu.

 Zaman sekarang sudah jarang masyarakat melakukan Sonjo karena di anggap kuno atau mungkin sudah sibuk dengan urusannya masing-masing. Dulu orang kampung masih banyak melakukan kegiatan angon bebek, angon wedus, mijah iwak, tandur serta kegiatan menyatu dengan alam lainnya juga telah jarang ditemui.

Melihat keadaan seperti ini ada sekolompok pemuda yang ingin merintisnya kembali agar masyarakat atau pemuda pemudinya bisa melanjutkan tradisi Sonjo ini dan tidak melulu berpikiran harus merantau ke kota. Kelompoik pemuda yang tergabung dalam  Tim PKMM UM Magelang membuat riset dan sekaligus merintis tradisi ini, dengan judul karya mereka ‘Perintisan Kampung Wisata Sonjo Kampung Menayu, Upaya Pelestarian Kearifan Lokal Ssbagai Pelumas di Dusun Menayu Kecamatan Muntilan’.

Ketua Tim ini Restu menerangkan perintisan Kampung Wisata Sonjo di Kampung Menayu dilakukan dengan mengedukasi dan memberikan pelatihan,serta pendampingan kepada warga. ” Program ini dilakukan untuk menyadarkan bahwasanya nilai kearifan lokal mampu dikembangkan dalam bidang pariwisata,” Katanya.

Ia juga menambahkan kegiatan ini akan mengajak seluruh pihak terkait, tentunya masyarakat dan dinas dinas terkait. “Kegiatan ini dilakukan  untuk menyadarkan dan memotivasi kelompok mitra supaya tergugah untuk membangun kampungnya dan melestarikan budaya dalam bentuk Kampung Wisata”, Imbuhnya.

” Kami juga akan mendampingi pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk fokus membangun wisata disini juga, dengan harapan jika dilakukan maksimal maka optimis desa wisata ini mampu teroganisir dan akan dikenal lebih luas lagi,” Pungkasnya. (BSN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here