7 Wisata Kuliner Magelang Yang Wajib Dicoba

BNews—MAGELANG—Berkunjung ke Magelang tak lengkap rasanya kalau tak mencicipi kulinernya. Ada beberapa makanan menarik yang bisa ditemukan saat wisata kuliner ke Magelang.

Berbagai jenis makanan yang tentunya bisa menggugah selera, tersedia di Magelang. Berikut ini beberapa kuliner di Magelang, yang berhasil Borobudur News rangkum.

Buntil Lumbu

Buntil Lumbu adalah kuliner legendaris khas Magelang, berupa daun keladi atau talas yang digulung dengan dibumbui kelapa dan teri, kemudian dimasak dengan menggunakan kuah santan kental.

Menyantap buntil lumbu ini akan terasa lebih mantap dengan nasi panas dan peyek teri. Bagi anda yang ingin mencicipinya, warung Buntil Lumbu ini berada di Jalan Sriwijaya, Kota Magelang.

Bakso Kerikil Pak Bendot

Kuliner bakso kerikil khas Magelang menjadi salah satu kuliner yang sayang sekali bila dilewatkan. Sesuai dengan namanya, bakso kerikil berbentuk kecil-kecil mirip dengan batu kecil atau kerikil.

Loading...

Pecinta kuliner bisa menemukan bakso kerikil di Taman Badaan yang terletak di Jalan Pahlawan, Magelang. Warung ini mulai buka pada pukul 09.00 – 21.30 WIB dan untuk harga satu porsinya sebesar Rp10 ribu.

Tongseng Kepala Kambing Pak Din

Tongseng ini merupakan masakan daging kambing yang ditumis dan ditambahkan dengan santan. Yang membuat kuliner ini menarik adalah penggunaan kepala kambing sebagai bahan dasar utamanya.

Tongseng Kepala Kambing Pak Din ini mulai buka pada pukul 18.00-21.00 WIB, berada di Dusun Menayu, Desa Kepanjen, Keji, Kecamatan Muntilan, Kecamatan Magelang. Bagi anda yang ingin mencicipi tongseng ini cukup membayar Rp25 ribu per porsi.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Mangut Beong Sehati Borobudur

Mangut Beong Sehati Borobudur ini merupakan sajian ikan beong atau lele besar yang dimasak mangut pedas dengan bumbu rempah dan kuah santan. Harga mangut lele ini bervariasi tergantung bagian potongan ikan atau utuh.

Mangut ini berlokasi sekitar tiga kilometer dari Candi Borobudur, tepatnya berada di rumah makan sehati Borobudur (spesial ndas beong), Bumen RT 01/RW 06, Kembanglimus, Borobudur, Magelang. Bagi anda yang ingin menikmatinya dapat mengunjungi rumah makannya mulai pukul 07.00-16.00 WIB dan cukup merogoh uang Rp15 ribu untuk satu porsinya.

Nasi Lesah

Secara sekilas, nasi lesah hampir mirip dengan soto. Yang membedakan, terletak pada kuahnya yakni jika nasi lesah menggunakan kuah campuran santan.

Nasi lesah merupakan nasi dengan campuran sayur tauge, bihun, irisan tahu bacem, daun bawang, dan sledri. Kemudian diguyur kuah soto bersantan yang masih panas. Salah satu warung yang menjual nasi lesah ini berada di Jalan Singosari No 16, Rejowinangun Selatan, Magelang Selatan, Kota Magelang. Harga untuk satu porsinya sebesar Rp8 ribu.

Sop Senerek Pak Parto

Sop Senerek memiliki rasa gurih dan sedap yang tentunya bisa menggugah selera. Salah satu tempat yang menjual sop senerek ini berada di Jalan Jenderal Sudirman, Magersari, Magelang Selatan, Kota Magelang.

Untuk satu porsi sop senerek ini dibandrol harga Rp14 ribu, sementara tempat penjualannya dibukan mulai pukul 06.00 hingga 16.00 WIB.

Bakmi Jawa Pak Kadis Menayu

Di tempat yang berada di Kepanjen, Menayu, Muntilan, Magelang ini, anda dapat memilih menu mulai dari bakmi goreng, bakmi godog, nasi goreng, nasi godog, bahkan rica-rica bebek. Rasanya juara karena dimasak satu-persatu menggunakan anglo.

Bagi anda yang ingin menikmati kuliner ini dapat mendatangi tempat yang berada di Muntilan ini mulai pagi hari hingga pukul 15.00 WIB.

Itulah beberapa kuliner yang bisa anda cicipi ketika mengunjungi Magelang. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: