Akan Ada Yang Berbeda Dalam Proses Seleksi CPNS 2021 Terbanyak Dalam Sejarah

BNews–NASIONAL-– Mungkin akan ada yang berbeda dalam pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)  2021. Dimana pelaksanaannya bakal sangat ketat termasuk protokol kesehatan.

Hal tersebut dilakukan  demi memastikan tidak muncul klaster baru Covid-19 saat pelaksanaan seleksi CPNS.

Pendaftaran CPNS dibuka mulai 30 Juni hingga 21 Juli 2021, di mana Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS pada 25 Agustus sampai 4 Oktober 2021. Sedangkan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS dilaksanakan 8-29 November 2021.

“Proses bisnis untuk pelaksanaan Seleksi CPNS akan sangat ketat mengikuti protokol kesehatan. Karena kami tidak menginginkan adanya penularan klaster seleksi CPNS. Itu sangat kami jaga,” kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana di sela-sela Rakornas Kepegawaian, Kamis (1/7/2021).  dikutip CNN.

Dia mengatakan, tahun ini merupakan perekrutan terbanyak sepanjang sejarah Indonesia. Selain itu, karena kondisi Indonesia masih menghadapi pandemi Covid-19, sehingga proses seleksi dilakukan secara hati-hati.

“Ini membutuhkan kerja keras dan kehati-hatian karena ini masih pandemi,” ujarnya.

Menurut dia, waktu pelaksanaan seleksi akan lebih panjang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Pasalnya, pada tahun-tahun sebelumnya dalam satu hari, BKN bisa menggelar lima sesi seleksi, di mana dalam satu kelas terdapat 100 komputer. Sehingga dalam satu hari sebanyak 500 peserta bisa mengikuti tes.

“Tapi dengan protokol kesehatan kita hanya memberlakukan 3 sesi sehari. Kalau tadinya 500, sehari bisa 300. Jadi 3/5-nya. Ini adalah untuk menjaga. Ini satu prosedur yang kami jalankan untuk menjaga protokol kesehatan dengan ketat. Dan tidak boleh ada yang menunggu d iluar. Nah karena tiga sesi, tesnya menjadi agak panjang,” tuturnya.  

Kendati demikian, BKN tetap berharap semua proses selesai akhir Desember tahun ini. “Konsekuensinya penetapan NIP-nya baru bisa dilaksanakan tahun depan,” imbuhnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: