Aktivitas Merapi Meningkat, Ratusan Warga Rentan di Magelang Kembali Mengungsi

BNews—DUKUN— Ratusan warga kategori rentan di Dusun Babadan Atas, Desa Paten, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, kembali mengungsi siang ini (7/1/2021). Dimana mereka baru saja kembali ke rumah alias kampung halaman kurang lebih selama seminggu ini.

Kepala Dusun Babadan Atas, Sudaryono mengatakan, sebanyak 200-an warga rentan yang mengungsi. ”Ini baru data perkiraan, ya. Nanti akan di data ulang di pengungsian,” katanya. 

Disinggung terkait alasan warganya mengungsi kembali, ia menyampaikan jika hal ini disebabkan karena Gunung Merapi kembali menunjukkan peningkatan aktivitas.

NAIK AMBULANS: Suasana evakuasi warga di lereng Merapi, Kamis (7/1). (foto: bsn)

”Informasi dari BPPTKG aktivitas Merapi memang meningkat beberapa hari terakhir ini. Jadi warga rentan khususnya diminta mengungsi kembali. Kembali ke barak pengungsian,” terangnya.

Dusun tertinggi di Kecamatan Dukun ini diketahui berjarak kurang lebih lima kilometer dari puncak Merapi. Dengan jumlah penduduk 401 jiwa. 

”Warga ini mengungsi ke TEA Balai Desa Mertoyudan, Kecamatan Mertoyudan. Dimana sebelumnya juga mengungsi ke sana,” ujarnya. 

Sementara Camat Dukun, Amin Sudrajat, menambahkan bahwa seluruh warga yang masuk kelompok rentan di Babadan Atas sudah semua. ”Warga di sini baru bisa diungsikan hari ini karena kemarin harus musyawarah dulu dan mendapat sosialisasi dari BPPTKG,” tambah Amin. 

Amin mengimbau, bagi warganya kelompok rentan yang tinggal di kawasan lima kilometer dari puncak Merapi untuk mengungsi. ”Hal ini karena aktivitas Merapi mengalami peningkatan cukup signifikan,” pungkasnya. (bsn/han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: