Ayo Dukung…Siswa SMK N 1 Temanggung Ini akan Berjuang di Malaysia

BNEWS—TEMANGGUNG— Siswa asal SMK Negeri 1 Temanggung akan berjuang mengukir prestasi di Malaysia. Dimana dia akan mewakili Indonesia dalam pemilihan inovator muda tingkat Asia di Malaysia yaitu Young Inventors Challenge 2018 (YIC) sebuah kegiatan tingkat Asia unjuk kebolehan bagi remaja umur 13 – 17 tahun dalam hal rekayasa teknologi dan menciptakan inovator-inovator muda.

 

 

Ryan Priatama siswa kelas XI KA 1 Jurusan Kimia Analis, sang Juara II Lomba Pidato Kependudukan Tingkat Jawa Tengah Tahun 2018. Dia baru saja selesai  mengikuti  tes psychologi pemilihan Duta Pelopor Keselamatan Berlalulintas Kabupaten Temanggung sore tadi (9/5).

 

Heny Taslimah guru pembimbingnya yang juga Juara I Guru SMK berprestasi dan tengah maju penilaian Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2018 mengatakan bahwa Ryan saat ini sedang mempersiapkan acara di Malaysia. “Ryan Priatama bersama rekan 1 timnya yaitu Pinka, Ardhan, Arvin dan Meliana tengah membuat karya teknologi membuat  plastik tiruan dari bahan umbi talas yang jika dicairkan  akan menjadi parfum yang wangi”, katanya.

 

Sebelumnya Ryan memang selalu optimis dalam semua perlombaan untuk mendapat juara. “Selain lomba pidato yang sudah saya ikuti, saat ini saya juga mempersiapkan diri untuk menghadapi lomba baik pidato, Duta Pelopor Keselamatan Berlalulitas, maupun ajang inovasi teknologi ke Malaysia ini”, kata Ryan.

 

“Walau bulan lalu dalam lomba pidato Kependudukan Tingkat Jawa Tengah  masih kalah dengan peserta dari Kabupaten Blora sebagai Juara I Pidato, tetapi saya tidak merasa kecewa sebab momentum ini akan menjadi jembatan untuk lomba yang lain yang saying ikuti agar lebih sukses karena belajar dari pengalaman,” imbuhnya.

 

Siswa SMK Negeri 1 Temanggung ini memang memiliki segudang prestasi. Sebelumnya dia juga sempat meraih kejuaraan tingkat Kabupaten Temanggung diantaranya, Juara  I Lomba Macapat, Juara 3 Vocal Group, Juara III Karesidenan Kedu dalam Lomba Brigde. Sedangka prestasi Tingkat Jawa Tengah diantaranya adalah Juara I Lomba Mendongeng Jasa Pahlawan, Juara  I Lomba Tata Upacara dan Baris Berbaris, Lomba Yel-yel dan Juara II Lomba Dirigen. Dia juga aktif menjadi anggota Paskibra Kabupaten Temanggung disamping juga memiliki hobby membaca, menulis dan lihai dalam membuat video editing dengan software yang dikuasainya.

 

Guna mewakili Indonesia ke Malaysia bulan September mendatang, tim Ryan melakukan pengolahan dan perlakuan khusus mengenai umbi talas sebagai bahan membuat plastik.  Ini dilakukan di laboratorium kimia SMK N 1 Temanggung. “Umbi talas itu setelah dicampur zat tertentu akan menjadi lentur teksturnya dan karena itu kita coba untuk membuat tas plastik (kantong plastik) yang ramah lingkungan. Bahkan jika dibakar akan mencair menjadi parfum”, pungkasnya.(bhp/bsn)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: