Barang Klenik Merajai di Penjualan Digital Marketing

BNews—NASIONAL— Dunia mistis masih banyak dipercaya orang indonesia. Beberapa barang yang dianggap memiliki kekuatan masih banyak dicari.

Kepercayaan tersebut dimanfaatkan oleh-oleh orang untuk melakukan penjualan barang klenik secara digital. Menggunakan teknologi kekinian, mereka menjual barang klenik berbau mistis tersebut secara online di marketplace.

Advertisements


Menanggapi hal tersebut, peneliti INDEF Bhima Yudhistira Adhinegara menjelaskan Indonesia merupakan salah satu negara yang mistismenya besar. Hal ini yang menyebabkan masih banyaknya penjual-penjual jimat atau benda klenik lainnya.


Dia menjelaskan Indonesia hampir mirip dengan Thailand yang masyarakatnya masih percaya dengan benda mistis. “Mistisme di Indonesia besar sekali, sama seperti Thailand masih banyak masyarakat yang percaya dengan benda keramat. Jadi penjualan benda keramat atau pusaka secara online pasti banyak juga,” katanya.

Dijelaskan pula, untuk benda keramat juga bisa menjadi hobi. “Tak cuma orang biasa yang koleksi, tapi pejabat juga ada, dosen dan pengusaha besar. Itukan hobi juga,” jelasnya.

Bhima membeberkan juga bahwa banyak masyarakat yang gemar mengoleksi barang klenik yang mereka anggap sebagai benda keramat. “Bukan karena ia percaya kekuatan gaib, tapi sekadar seni keindahan. Hal ini karena budaya kita yang lekat dengan barang-barang bersejarah seperti keris dan lain sebagainya,” bebernya.

Ada hal-hal yang tak rasional yang biasanya dilakukan oleh masyarakat pengguna ilmu gaib tersebut. Misalnya saat ada kondisi ekonomi yang melemah, terjadi penurunan omzet. Ada yang mencari alternatif lain seperti pesugihan untuk mengembangkan bisnisnya.

BACA JUGA : Mitos Tentang Gunung Merapi yang Dipercaya Turun Temurun

“Seperti ada semacam motivasi dan sugesti kalau benda keramat itu memberikan solusi atas masalah bisnis, itu kurang rasional,” jelasnya.

Dari penelurusan Borobudurnews ada puluhan akun dagang barang klenik di marketplace ternama di Indonesia. Harga jual yang ditawarkan bervariasi mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Barang juga beragam mulai dari minyak, keris, batu, tasbih, kain, kertas sampai logam. Setiap benda memiliki khasiat dan fungsi masing-masing dan tingkat keberhasilan yang berbeda.

Semakin mahal maka khasiatnya disebut semakin baik. Selain itu juga dibutuhkan amalan seperti zikir dan doa agar benda tersebut bisa berkhasiat sesuai keinginan. (Internet/bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: