Bawa Kayu Ilegal, Sopir Truk Asal Mertoyudan Diamankan Polisi


BNews—NASIONAL— Satu Warga Desa Banjarnegoro Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang harus berurusan dengan polisi. Pasalnya, pria berusia 23 tahun itu mengangkut kayu diduga ilegal, kemarin (9/5/2020).


Pria bernama Satria Isa Mahendra itu diamankan oleh Polsek Pugaan Banjarmasin, Kalimantan. Dia ditahan bersama dengan satu unit dump truk bermuatan kayu diduga ilegal.

Terungkapnya kasus ini bermula saat petugas melakukan pemeriksaan terhadup muatan dump truck yang dikendarainya. Saat itu, pelaku mengendarai truk KH 8677 FQ melintas dengan arah ke Banjarmasin dan dimasukan ke halaman polsek.


Selanjutnya di halaman Polsek Pugaan, petugas memeriksa isi muatan dump truk yang awalnya ditutupi dengan terpal warna biru. Setelah terpal dibuka, ternyata di dalamnya terdapat tumpukan kayujenis bengkirai tanduk dengan panjang sekitar 4 meter.


Saat ditanyakan terkait Surat Keterangan Sahnya Hasil Hutan (SKSHH) atau dokumen kayu, pelaku tidak bisa memperlihatkannya kepada petugas.


Dihadapan polisi, dia mengaku hanya membawakan kayu tersebut yang diambil dari wilayah Puruk Cahu km 38, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah dan akan di kirim ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Kapolres Tabalong AKBP M Muchdori melalui Kasubaghumas AKP H Ibnu Subroto, membenarkan adanya dump truck yang diamankan karena diduga membawa kayu tanpa dokumen. “Sudah diamankan guna proses penyidikan lebih lanjut,” katanya.


Barang bukti yang di amankan, satu unit dump truck Hino warna hijau beserta STNK, KTP sopir dan kayu sebanyak 8.615,2 kubik.Kayu tersebut terdiri dari 17/18 sebanyak 40 batang, 16/16 sebanyak 8 batang,14/17 sebanyak 4 batang.


Kemudian, 15/20 sebanyak 1 batang, 13/17 sebanyak 10 batang,10/15 sebanyak 10 batang, 8/18 sebanyak 1 batang.Kemudian, 8/16 sebanyak 12 batang, 6/18 sebanyak 4 batang, 8/12 sebanya 1 batang dan 8/10 sebanyak 1 batang. (Int)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: