Bawaslu Kabupaten Magelang Luncurkan Buku Melawan Money Politic

BNews–MUNGKID– Bawaslu Kabupaten Magelang Launching Buku Melawan Money Politics di kantornya siang ini(19/12). Buku tersebut untuk membangun kesadaran masyarakat, khususnya di Kabupaten Magelag.

Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang M.Habib Soleh mentakan hal ini berdasarkan tema politik uang selalu hangat didiskusikan di setiap momen pemilu. Tidak hanya dalam ruang seminar dan kampus-kampus namun juga warung kopi pinggir jalan.

“Hal tersebut menandakan politik uang masih menjadi penyakit sosial yang harus disikapi bersama demi perbaikan kualitas sistem demokrasi di Tanah Air. Baik melalui perbaikan regulasi pemilihan, maupun menumbuh kembangkan budaya anti politik uang di tengah – tengah masyarakat,” katanya.

Untuk mewujudkan pemilu yang bersih dan bermartabat tidak cukup hanya dengan program yang sudah berjalan seperti membuat Keluarga Anti Money Politik dan Desa Anti Politik Uang. Perlu ada penyadaran masyarakat akan bahaya politik uang bagi keberlangsungan demokrasi.

“Untuk itu, Bawaslu Kabupaten Magelang menerbitkan buku Melawan Money Politics untuk membangun kesadaran masyarakat,” tegasnya.

Penerbitan buku ini berangkat dari pemikiran bahwa salah satu sisi lemah budaya bangsa Indonesia, Dimana rendahnya tradisi tulis menulis dan tradisi membaca.

“Masyarakat Indonesia lebih suka menonton dan mendengar ketimbang menuliskan pengalaman dan pengetahuan mereka ke dalam buku, majalah, maupun koran,” paparnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Buku Melawan Money Politics ini diterbitkan salah satu tujuannya adalah untuk menumbukan budaya literasi masyarakat. “Hal ini khususnya terkait penyelenggaraan pemilu. Buku ini terdiri dari sekian tulisan karya komisioner dan staf Bawaslu Kabupaten Magelang,” katanya.

Satu komisioner menulis minimal 2 tulisan dan setiap staf menulis 1 tulisan. Sesuai tema, seluruh tulisan buku ini membahas politik uang dari berbagai sisi, berdasarkan data-data dan fakta selama kontestasi Pemilu 2019.

“Buku Melawan Money Politics ini istimewa karena prolog ditulis oleh Ketua Bawaslu RI Abhan SH MH. Bawaslu Kabupaten Magelang mengupas tuntas politik uang dari berbagai sisi dalam buku ini. Buku ini dibuka dengan tulisan Melawan Money Politics Berbasis Keluarga. Keluarga menjadi elemen penting strategi Bawaslu Kabupaten Magelang dalam mencegah dan melawan politik uang,” terangnya.

Judul tulisan ini sekaligus merupakan program unggulan Bawaslu Kabupaten Magelang. Judul tersebut yakni Keluarga Anti Money Politics (KeAMP), Kampung Anti Money Politics (KAMP) dan Desa Anti Politik Uang (Desa APU).

Tulisan selanjutnya adalah kondisi faktual Money Politics dalam Undang Undang Pemilu no 7 Tahun 2017, kemudian Money Politics Antara Kebutuhan dan Larangan, Rekomendasi Bawaslu untuk Menambal Regulasi Pemilu yang Bolong-bolong, Strategi Mencegah Sengketa Proses Pemilu, Menitipkan Pesan Anti Money Politics kepada Saksi Parpol, dan PTPS sebagai Ujung Tombak Terciptanya Keluarga Anti Money Politics.

Lewat buku Melawan Money Politics ini, Bawaslu Kabupaten Magelang berusaha membangun Gerakan Anti Money Politics di tengah masyarakat. “Selain lewat buku, gerakan ini juga dibangun Bawaslu dengan pemanfaatan kesenian tradisional, stikerisasi dan lainnya. Edukasi politik ini merupakan strategi untuk membangun dan membangkitkan kesadaran masyarakat,” pungaskanya. (bsn)

1 Comment
  1. eko says

    ebumen siap.,,, kawal,, AMAK (Aliansi antiwuwur /antimoneypolitik kebumen)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: