Bernama ‘Si Bali’, Sapi Kurban Presiden Jokowi di Sleman

BNews—SLEMAN— Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan 35 sapi untuk kurban pada momen Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M. Salah satu sapi yang akan dikurbankan yakni berasal dari Sleman.

Seekor sapi tersebut berjenis peranakan ongole (PO), yang dipelihara oleh seorang guru di Sleman, Wasono. Awalnya, Wasono tak menyangka bahwa sapinya menjadi salah satu hewan kurban yang dipilih oleh tim orang nomor satu di Indonesia.

Dia mengaku, baru mengetahui sapi miliknya terpilih sebagai sapi kurban Presiden sekitar empat hari lalu. “Ndak mimpi apa-apa, saya hanya bersyukur sapi saya bisa terpilih. Saat diikutkan seleksi ya pasrah saja, soalnya sapi yang lain bobotnya lebih berat,” kata warga Kapanewon Ngemplak ini, Sabtu (17/7/2021). Dilansir dari harianjogja.com.

Dia bercerita, sapi yang dipeliharanya itu baru berusia 4 tahun dan beratnya sekitar 800 kilogram. Sapi yang diberi nama ‘Si Bali’ itu harus bersaing ketat dengan 12 sapi lainnya di DIY yang masuk seleksi.

“Sebenarnya kalau dilihat dari sisi bobotnya, sapi saya ini masih kalah jauh dengan sapi-sapi yang lolos seleksi. Tetapi mungkin ada penilaian lainnya, terutama pada masalah kesehatan. Tidak ada penyakitnya,” Cerita Wasono.

Guru di SMK Muhammadiyah Mlati ini mengaku sebelumnya pernah mengikutkan salah satu sapinya pada seleksi tahun lalu, namun gagal. Ia pun belajar dari kegagalan tahun lalu saat sapinya tidak terpilih lantaran masih terdeteksi ada telur cacingnya.

Menurutnya, telur cacing pada sapi itu sulit dideteksi kecuali melalui uji laboratorium. “Untuk menjadi hewan kurban Presiden memang melewati serangkaian seleksi. Proses seleksinya pun tidak mudah dan membutuhkan waktu yang cukup lama,” ujarnya.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Lebih lanjut, Wasono menjelaskan bahwa bibit sapi jadi faktor utama yang menentukan. Setelah lolos seleksi, ia merawat ‘Si Bali’ lebih intensif lagi dan menghindari paparan penyakit.

“Dulu saya beli Rp27,5 juta dengan bobot sekitar 500 kilogram. Saat ini dibeli Pak Presiden Rp60 juta. Ya rezeki saya,” ujarnya sumringah.

Plt Kepala DP3 Sleman, Suparmono membenarkan bahwa sapi milik salah seorang warganya terpilih menjadi hewan kurban Presiden Jokowi.

 “Ya sapi milik pak Wasono, itu untuk banpres (bantuan presiden) untuk hewan kurban. Berdasarkan hasil pemeriksaan dan cek laboratorium kondisi sapi sehat,” katanya.

Rencananya, kata Suparmono, sapi tersebut akan dikirim ke Takmir Masjid Masjid Jami Al Akbar di Umbulsari RT 01, Srimartani, Piyungan, Bantul. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!