Borobudur News Latih Penginputan Sistem Informasi Desa

BNews–DUKUN– Puluhan pemuda pemudi lereng Merapi berkumpul di Balai Desa Sengi Kecamatan Dukun Magelang (17/1/2020). Mereka mengikuti pelatihan pengiputan Sistem Informasi Desa (SID).

Alif Andriana salah satu perangkat Desa Sengi yang membuka acara, mengatakan bahwa kegiatan ini guna mengembangkan potensi desa. “Kami sudah ada website desa yang diberikan dari Pemkab Magelang. Kami ingin maksimalkan website ini dengan mengajak pemuda pemudi desa untuk membuat konten,” katanya.

Ia menyebutkan, bahwa awalnya nanti akan digali dan didata potensi potensi yang ada di Desa Sengi. “Setelah kita lakukan semua itu baru akan kita olah bersama menjadi beberapa konten tulisan, foto dan video yang kita unggah di website desa,” imbuhnya.

“Oleh sebab itu kita pihak desa mengajak para pemuda pemudi untuk ikut sumbangsih dalam membangun desa dengan mengelola website ini. Harapannya potensi desa bisa dikenal masyarakat luas dan ada nilai jualnya, tandasnya.

Dalam acara pelatihan tersebut dihadirkan tiga orang nara sumber pilihan sesuai materinya. Mereka yakni Bayu Sapta Nugraha dari Borobudur News sebagai pemateri tulisan berita, Triyono Aswad dari Pusdalop BPBD Kabupaten Magelang sebagai materi teknsi SiD. Ada juga komunitas kremun Merapi, sebagai pemateri video.

Sementara salah satu tokoh pemuda Desa Sengi, Wawan menambahkan kegiatan ini sangat penting guna memperkenalkan potensi Desa Sengi. “Salah satunya di Sengi dari potensi wisata kita ada Candi Asu dan lainya. Dari sisi hasil alam ada seperti serai yang menjadi sentral juga, selain pertanian organik. Hal hal itu perlu kita angkat di dunia digital,” tambahnya.

“Semoga semua kawan kawan komitmen dalam membangun desa dengan cara yang kita mampu,” pungkasnya. (Bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: