Curug Silawe, Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Sumbing

BNews—KAJORAN— Kabupaten Magelang memiliki banyak destinasi wisata alam yang selalu menarik untuk dieksplorasi. Terutama saat libur tiba seperti hari Minggu ini. Salah satu surga tersembunyi yang menawarkan kesejukan dan kesegaran air dengan eksotisme perbukitan hijau adalah Air Terjun Curug Silawe.

Curug Silawe terletak di kaki Gunung Sumbing. Tepatnya berada di Dusun Kopeng, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Jarak dari Kota Mungkid sekitar 30 kilometer dengan waktu tempuh normal kurang dari satu jam.

Oleh warga setempat, air terjun tersebut diberi nama Curug Silawe. Dalam Bahasa Jawa, Curug artinya air terjun dan Silawe memiliki arti dua puluh lima. Selaras dengan air terjun yang tingginya mencapai 25 meter itu.

Saat mengunjungi Curug Silawe, Borobudur News langsung disambut suara deru air terjun dan kicauan burung yang saling bersahutan. Semakin dekat, pesonanya semakin menghipnotis mata.

Sinar mentari membuat aliran air nampak berkilau. Pertemuan percikan air yang jatuh membentur batu dengan bias cahaya matahari menciptakan pelangi yang sangat menawan. Seolah, air terjun tersebut menjadi surga pemandian bagi para bidadari.

Di bawah curug tersebut memang memiliki semacam kolam. Terbentuk akibat hempasan air yang jatuh dari atas tebing.

Tidak sedikit pengunjung yang memanjakan diri berendam di dalam kolam yang tidak terlalu dalam itu. Air murni yang bersumber dari Gunung Sumbing sungguh sejuk dan menyegarkan tubuh.

Salah satu pengunjung asal Ngablak, Fitri Hidayatun mengaku baru kali pertama berkunjung ke Curug Silawe. Harga tiket masuk Rp 4 ribu dan parkir Rp 2.500 yang dipatok pengelola dianggapnya cukup murah. Selain takjub dengan air terjun tersebut, ia terpesona dengan suasana perbukitan hijau yang menemaninya sepanjang perjalanan.

”Suasananya sangat sejuk dan airnya segar. Sangat cocok untuk refreshing sebelum kembali ke kampus,” ujar Fitri yang berkuliah di Unnes Semarang, Minggu (2/2). (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: