Debat Putaran Pertama Pilkada Kota Magelang, Paslon Sampaikan Visi Misi

BNews–KOTA MAGELANG– Proses Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Kota Magelang terus berlanjut di tengah pandemi covid-19. Dan kali ini KPU Kota Magelang menggelar debat publik putaran pertama yang dihadiri terbatas dan disiarkan secara daring (22/10/2020).

Debat antara Cawali dan Cawawali Paslon 1 dan 2 ini digelar di Atria Hotel Magelang mulai pukul 07.00 wib. Dan tema debat kali ini adalah “Peningkatan Kesehjateraan Masyarakat Dalam Tatanan Normal Baru”.

Sebelum debat terkait tema tersebut, kedua paslon pada segmen pertama menyampaikan visi misi mereka jika terpilih lima tahun ke depan.

Seperti pasangan calon nomor urut 1, Muchammad Nur Aziz – M Mansyur. Calon Wali Kota Magelang nomor urut 1, Muchammad Nur Aziz menyampaikan visi misi mereka jika terpilih.

Visi dari mereka adalah membawa Magelang menjadi maju, sehat dan bahagia. Misi mereka, pertama adalah mewujudkan pelayanan masyarakat dasar. Kedua, meningkatkan ekonomi masyarakat yang selama ini tertekan oleh pandemi Covid-19.

“Untuk meningkatkan itu peningkatan UMKM berbasis dasar ekonomi kerakyatan. Mewujudkan Kota Modern yang berdaya saing tinggi dan menggunakan inovasi dan kreativitas dari program,” kata Aziz, Kamis (22/10/2020) dalam debat publik tersebut.

Program unggulan mereka yang pertama adalah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan secara paripurna. Menariknya ada program pemberian atau penganggaran APBD untuk RT sebesar Rp 30 juta per tahun.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Rp 30 juta per RT per tahun yang digunakan untuk meningkatkan UMKM. Ketiga, membuka 1.500 lapangan pekerjaan yaitu, UMKM dan startup baru. Terakhir adalah peningkatan pelayanan kesehatan yang paripurna,” ujarnya. Selanjutnya, KH M Mansyur, memberi pantun.

Setelah itu, paslon nomor urut 2, Aji Setyawan dan Windarti Agustina (Aswinner) menyampaikan visi misinya.

Aji mengatakan, visinya ingin mewujudkan Kota Magelang menjadi kota cerdas yang maju, berbudaya, religius, menuju masyarakat sejahtera dan madani.

Sementara misi pertamanya ingin ingin mereformasi birokrasi demi mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

Kedua, pemerataan infrastruktur untuk konektivitas wilayah di Kota Magelang dan pemerataan ekonomi untuk menunjang perekonomian berkelanjutan.

Pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat dengan meningkatkan kualitas di bidang pangan, pendidikan dan kesehatan.

“Kami ingin nguri-uri kebudayaan lokal dan menjunjung tinggi nilai religius di implementasinya. Kelima memberikan dampak ekonomi dan kemandirian ekonomi yang bertumbuh pada sektor jasa, perdagangan, ekokraf, pariwisata, yang mengarusutamakan dalam bidang inovasi, menggunakan instrumen teknologi. Terakhir, membentuk pemerintahan yang madani untuk kesejahteraan masyarakat secara umum,” tuturnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Pasangannya, calon Wakil Wali Kota Magelang Tahun 2020, Windarti Agustina, menyampaikan misi tahun pertama hingga tahun kelima  juga. Yakni dengan mencanangkan Magelang Melayani, Magelang Inklusi, Magelang Lestari, Magelang Mandiri, dan Magelang Madani.

Magelang Melayani dengan memberikan pelayanan terbaik service excellent bagi seluruh masyarakat di bidang pelayanan publik.

Magelang yang Inklusi dengan memberikan pelayanan secara umum kepada masyarakat utamanya fasilitas untuk pemerataan pembangunan.

Magelang Lestari, pemanfaatan Sumber Daya Alam untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat Kota Magelang.

“Tahun keempat adalah Magelang Mandiri. Ketahanan pangan, ketahanan yang dimiliki UMKM kita mendukung masyarakat menjadi mandiri. Terakhir, Magelang Madani, masyarakat yang berbahagia karena segala pemenuhan kebutuhan baik pelayanan dasar, kesehatan, pendidikan, pangan tercukupi,” ujarnya.

Windarti juga menambahkan, mereka juga ingin menciptakan lapangan kerja yang lebih besar dengan memulai pemanfaatan SDM, UMKM.

Selain itu, mereka berencana memberdayakan UMKM, startup dan membangun Co-working space di setiap kelurahan di Kota Magelang. (*/her)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: