Detik-detik Mobil Terguling Saat Salip Truk Tronton di Jalan Magelang-Ambarawa

BNews—JATENG— Sebuah mobil BMW berwarna putih terguling saat menyalip truk tronton di depannya dari sisi kiri. Kecelakaan ini terjadi di Jalan Ambarawa arah Magelang pada Jumat, (10/9) sejitar oukul 12.54WIB.

Video detik-detik kecelakaan ini dunggah akun Instagram @afiandenny. Dalam rekaman itu terlihat mobil BMW sedang berkendara tepat di belakang truk tronton pengangkut barang.

Dalam rekaman berdurasi 25 detik itu, pengemudi mobil terlihat tidak sabar. Hingga beberapa kali terlihat ingin mendahului truk yang berada di depan.

Setelah melewati jembatan, pengemudi BMW tersebut nekat menyalip truk dari sebelah kiri dengan kecepatan tinggi. Hingga hampir menyerempet seorang pejalan kaki.

Selang beberapa detik, mobil sedan itu hilang kendali dan terguling tepat di depan truk yang didahuluinya. Menanggapi hal ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sonny Susmana mengatakan, menyalip kendaraan dari sebelah kiri rentan kecelakaan dan bisa berakibat fatal.

”Sebab bahu jalan memiliki layer yang berbeda serta permukaan yang lebih kasar (tidak rata). Sehingga lebih bahaya ketika digunakan pada kecepatan di atas 40 kilometer perjam (Kpj),” ujar Sony, belum lama ini.

Menurut dia, ketika memaksa menyalip pengemudi bisa saja kehilangan kendali, hingga terlibat kecelakaan fatal seperti dalam video tersebut. Tidak hanya itu, jika menyalip kendaraan dari kiri bisa saja tiba-tiba ada orang menyebrang atau kendaraan dari sisi kanan.

”Jadi bisa dibilang lebih baik menyalip dari kanan. Namun perlu diingat, menyalip dari kanan memang belum tentu bebas blind spot, tapi setidaknya prosedurnya benar dulu. Menyusul atau pindah lajur yang paling penting adalah harus dengan pertimbangan yang matang,” imbaunya. (ifa/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: