Di Magelang PKB, Demokrat dan Gerindra Turun, PDIP dan PKS Melambung

BNews— MUNGKID— Hasil rekapitulasi suara telah diselesaikan melalui pleno di tingkat KPU Kabupaten Magelang, kemarin. Sejumlah partai politik mengalami penurunan cukup signifikan.

Penurunan dialami oleh sejumlah partai besar. Diantaranya, PKB, Gerindra dan Demokrat serta PPP. Sementara kenaikan signifikan diraih oleh PDI Perjuangan dan PKS.

Advertisements
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});


PKB yang semula meraih sembilan kursi kini turun menjadi delapan kursi. Penurunan kursi dialami di Dapil V (Tegalrejo, Pakis, Sawangan dan Candimulyo).


Sementara Gerindra yang sebelumnya meraih 9 kursi turun menjadi 7 kursi. Kehilangan kursi ada di Dapil I (Mertoyudan, Mungkid, dan Dapil III (Bandongan, Windusari, Kaliangkrik) serta Dapil IV (Grabag, Secang, Ngablak). Namun Gerindra Berjaya dengan maraih dua kursi di Dapil V.

Penurunan paling signifikan dialami oleh Demokrat yang periode sekarang memiliki tiga kursi hanya menyisakan satu kursi. Demokrat hanya menyisakan satu kursi di Dapil I.

Caleg incumbent dari Demokrat yakni Ketua DPC Isti Wahyuni dari Dapil V dan Sawoyo dari Dapil II gagal meraup suara.

PPP juga mengalami penurunan kursi. Jika sebelumnya memiliki lima kursi. Kini hanya menyisakan empat kursi. PPP kehilangan kursi di Dapil VI.

PDI Perjuangan yang di periode ini meraih 10 kursi meningkat tajam menjadi 13 kursi. Tambahan kursi partai berlambang banteng ini ada di Dapil III yang semula satu kursi jadi dua kursi, Kemudian di Dapil IV yang semula 2 kursi jadi tiga kursi dan di Dapil VI yang semula dua kursi menjadi tiga kursi.

Tambahan tiga kursi juga diraih oleh PKS yang tidak banyak diprediksi. PKS berhasil merebut satu kursi di enam dapil yang ada. Raihan ini jadi terbaik sepanjang sejarah PKS di Kabupaten Magelang. (bsn/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: