DPU Kabupaten Magelang Lakukan Uji Fungsi Terhadap Mata Air Buatan Di Grabag

BNews–MAGELANG– DPU Kabupaten Magelang bersama perangkat Desa Sugihmas Kecamatan Grabag melakukan Uji Fungsi Terhadap Mata Air Buatan (26/7/2021). Dimana hal itu menggunakan tenaga Surya sebagai sumber energi penggerak pompa.

Kegiatan tersebut dikarenakan Desa tersebut setiap tahunnya mengalami kekeringan pada musim kemarau panjang. Sementara mata air yang ada belum mencukupi untuk kebutuhan warga Desa Sugihmas yang terdiri dari sebanyak 12 Dusun.

“Yang tercukupi kebutuhan airnya baru sekitar 4 dusun dari 12 dusun yang ada,” kata Sriyanto, Kepala Desa Sugihmas.

Terkait dengan kondisi tersebut Sriyanto berupaya mencari cara untuk dapat mengambil air guna mencukupi kebutuhan air warga selama musim kemarau. Untuk itu, dengan menggunakan anggaran di tahun 2021, pihaknya membangun sebuah jaringan air menggunakan tenaga Surya.

“Mata air kami ambilkan dari Dusun Giri Wetan Desa Lebak. Untuk tanah yang digunakan kami masih sewa, karena itu milik pribadi,” lanjutnya.

Bahkan saat ini menurutnya, atas kerjasama yang baik dengan warga, air tersebut sudah dapat dinikmati oleh warga Desa Sugihmas. Sehingga untuk memastikan fungsi alat yang digunakan, dirinya meminta bantuan kepada DPU untuk melakukan pengecekan atau uji fungsi alat yang digunakan menyalurkan air tersebut.

” Tenaga Surya ini merupakan tekhnologi yang baru bagi kami sehingga saat ini dilakukan uji fungsi oleh DPU Kabupaten Magelang,” Jelas Sriyanto.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sebanyak 3 pompa digunakan untuk mengalirkan air dari mata air utama di Dusun Giriwetan hingga ke Desa Sugihmas yang berjarak sekitar 6 kilometer. Sumber energi untuk pompa berasal dari tenaga Surya mengingat letak pompa-pompa tersebut jauh dari pemukiman penduduk.

” Untuk anggaran kami gunakan dari Bantuan Gubernur senilai 400 juta rupiah dan Dana Alokasi Khusus Kabupaten Magelang senilai 252 juta rupiah. Atas perhatian dari Propinsi dan Kabupaten kami sangat berterimakasih,” ungkapnya.

Disaat yang sama, Basori selaku Staff DPUPR Bidang Cipta Karya mengatakan jika dalam rangka Spam DAK yang dialokasikan di Desa Sugihmas, pihaknya melakukan uji fungsi sistem yang dibangun untuk mengalirkan mata air. Hal tersebut guna memastikan alat uang digunakan dalam sistem tersebut dapat berfungsi secara baik dan maksimal sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan.

“Untuk yang di sumber mata air ini berjarak kurang lebih 6,5 kilometer sampai di Desa Sugihmas; dengan elevasi sekitar 400 meter. Dan sistem ini menggunakan tenaga Surya sudah  dicoba; dan akan kita cek di Bak reservoar yang nantinya akan mensuplai air ke beberapa Dusun di Desa Sugihmas,” katanya.

Menurutnya masih perlu dilakukan penambahan sarana yang harus dilakukan di titik mata air. Seperti tutup bak penampungan air, sehingga kualitas air dapat tetap terjaga,

” Mudah-mudahan dari anggaran Desa dapat membuatkan penutup kolam tampungan ini, karena kalau dari anggaran kami, saat ini belum bisa,” lanjutnya.

Eko Susilo, Anggota Komisi D DPRD Propinsi Jawa Tengah dan Grengseng Pamuji selaku Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Magelang; turut mendampingi kegiatan uji fungsi tersebut.

Eko berharap mata air itu nantinya dapat berfungsi dan digunakan sebaik-baiknya untuk mencukupi kebutuhan air warga Desa Sugih Mas.

“Kolaborasi yang harmonis antara Kami yang di Propinsi dan temen-temen yang di Kabupaten Magelang tentunya akan dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat,” harapnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: