Dukung Peningkatan Produktivitas, Vita Ervina Salurkan Alsintan ke Petani Magelang

BNews—KOTA MUNGKID— Para petani di 21 kecamatan se-Kabupaten Magelang nampak sumringah dan bersemangat. Tidak kurang dari 65 kelompok tani (poktan) mendapatkan 99 unit alat mesin dan pertanian (alsintan) dari anggota Komisi IV DPR RI Vita Ervina.

Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Jateng VI itu menuturkan, bantuan yang salurkan pada Rabu, (11/11), merupakan buah aspirasi dari para poktan. Dimana, aspirasi yang diserap kemudian ditindaklanjuti bersama Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Ditjen PSP dan Ditjen Tanaman Pangan.

”Ini adalah wujud nyata dan bentuk komitmen kehadiran pemerintah dan wakil rakyat dalam keberpihakan. Untuk kemandirian dan kesejahteraan para petani,” tutur Vita., dalam kegiatan ’Penyerahan Bantuan Alsintan dan Uang Klaim Asuransi Pertanian Secara Simbolik oleh Bupati dan Anggota Komisi IV DPR RI’ di Pendopo drh Soepardi Setkab Magelang.

(foto : han)

Vita menjelaskan, bantuan simbolis alsintan prapanen dan pascapanen program aspirasi tahun anggaran 2020 yang diturunkan di Kabupaten Magelang berjumlah total 99 unit untuk 65 poktan. Yakni berupa 22 unit traktor roda dua, tiga unit traktor roda empat, 23 unit hand sprayer, 31 unit pompa air, delapan unit cultivator, sepuluh power thresher, satu corn sheller, dan satu combine harvester besar.

Ia berharap bantuan tersebut benar-benar dimanfaatkan secara maksimal sehingga mampu menunjang produktivitas sektor pertanian. Dengan bantuan teknologi alsintan yang tepat guna; maka akan lebih hemat, menekan ongkos produksi, lebih cepat dalam proses penanaman dan mengingkatkan efisiensi serta kualitas produksi pertanian.

”Jadi jangan hanya diterima, dipakai namun tidak dirawat atau bahkan mangkrak. Jika ada rasa memiliki, andaikan rusak pasti akan segera diperbaiki,” harapnya.

Loading...
Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Selain itu, Komisi IV telah meminta Kementan di tahun anggaran 2021 untuk mengadakan bimbingan teknis pemeliharaan alsintan dengan peserta poktan penerima bantuan. Serta pengembangan bengkel alsintan di setiap kabupaten. Agar para poktan memiliki pengetahuan yang baik dalam menjaga, merawat dan memaksimalkan penggunaan alat.

”Alsintan berperan strategis dalam mekanisasi pertanian agar proses menjadi lebih cepat, efektif dan efisien. Teknologi mekanisasi tersebut harus mencakup dari hulu sampai hilir sehingga tidak hanya meningkatkan kualitas produksi, namun juga berdampak pada keseahteraan petani.

(foto : han)

Vita secara khusus mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para petani Indonesia, khususnya di Kabupaten Magelang karena telah menjadi pahlawan pangan. Baik sebelum hingga selama pandemi covid-19, petani menjadi penopang dan berjuang menjaga ketersediaan pangan di dalam negeri.

”Penghormatan dan penghargaan saya setinggi-tingginya khususnya kepada para petani. Maka patutlah kita nobatkan ’petani adalah pahlawan pangan’ dan yakin petani akan selalu hadir sebagai pahlawan bagi bangsa ini,” pungkas Vita.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Magelang Zaenal Arifin menilai, bantuan alsintan bagi poktan sekarang ini dinilai sangat tepat. Kehadiran alsintan sebagai bentuk mengantisipasi kelangkaan seperti buruh pacul yang mulai berkurang. Selain itu, dari sisi efisiensi dan efektivitas mampu meningkatkan produktivitas pertanian.

”Jadi ini adalah upaya-upaya kami dari eksekutif dan Mbak Vita dari legislatif bergotong royong. Kami terus bekerja sama untuk kemakmuran para petani,” terangnya.

”Maka, terima kasih Mbak Vita dan kepada para petani. Kami terus harapkan bantuan-bantuannya itu, 500 paket kami juga terima Mbak Vita karena masyarakat kami 80 persen di sektor pertanian sehingga ini menjadi prioritas kami,” imbuh Zaenal ditutup aplous para penerima bantuan.

Sementara itu, Ketua Gapoktan Bahrur Rizki Secang, Abdul Basit, bersyukur kelompoknya menerima kendaraan traktor roda empat. Sebab, selama ini pihaknya kurang maksimal dalam menggarap sawah karena hanya mengandalkan traktor tangan.

”Perasaan, ya, suka sekali. Kita, kan, banyak kekurangan tenaga pengolahan tanah. Jadi dengan adanya traktor baru ini akan membuat efisien mulai proses pengolahan dan produksi hingga panen,” pungkas pria 51 tahun itu. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: