EDAN… Sekelas Wakil Ketua DPRD Dapat BLT Dana Desa Keluarga Miskin

BNews—NASIONAL— Verifikasi data penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) amburadul. Nama Wakil Ketua DPRD di Kabupaten Trenggalek masuk dalam daftar penerima bantuan sosial (bansos) orang miskin.

Wakil rakyat itu bernama Doding Rahmad. Ia menjadi salah satu orang yang menerima bansos orang miskin berupa uang tunai dari pemerintah sebesar Rp600 ribu.

Doding membenarkan insiden salah update data tersebut. Ia mengatakan, informasi tersebut diketahui ketika kepala desa di tempat tinggalnya memberitahu dirinya saat melakukan verifikasi data.

”Ya benar. Cukup kaget dan saya meminta pihak desa untuk mencoret nama saya. Ya, mungkin itu masih pakai data lama, ya,” terangnya, Selasa (12/5).

”Dulu saya memang masuk (daftar penerima bantuan dari pemerintah pusat). Itu waktu saya dulu belum punya rumah,” sambung politisi PDI Perjuangan itu.

BLT Dana Desa berupa uang tunai sebesar Rp600 ribu untuk satu Kepala Keluarga (KK) sebagai upaya pemerintah menekan dampak covid-19. Bantuan tersebut diberikan kepada penerima selama tiga bulan berturut-turut dengan total Rp 1,8 juta.

Data penerima bantuan ini diperoleh Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kemensos. Doding mengajak seluruh warga yang sudah pindah status menjadi mampu untuk mengajukan diri mencoret namanya dari daftar penerima bantuan.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (Klik disini)

Sebab masih banyak warga lain yang menurutnya lebih layak untuk menerima bantuan tersebut. ”Kalau memang sudah merasa mampu, ya, monggo bilang agar diganti. Yang lain (kurang mampu dan lebih layak) masih banyak,” imbuhnya.

Bupati Trenggalek Muhammad Nur Arifin mengapresiasi langkah Doding yang meminta agar namanya dicoret dari daftar penerima BLT. Pemerintah diakui sudah bekerja untuk melakukan segala cara demi masyarakat.

Bila ada kebijakan maupun data yang belum sesuai, maka sangat penting untuk dikoreksi kembali. Menurut Arifin, langkah Doding patut dicontoh.

”Jadi pemerintah sudah bekerja dengan keras kalau pun memang ada yang harus dikoreksi ya dikoreksi,’ ungkap mantan tandem Emil Elestianto Dardak itu.

”Apa yang dilakukan oleh Wakil Ketua DPRD itu patut dicontoh. Jadi kalau memang kamu merasa mampu, ya, segera laporkan untuk diminta agar dicoret,” imbuhnya. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: