Sejumlah Desa di Magelang Siapkan Lumbung Pangan

BNews—WINDUSARI— Sejumlah desa di Kabupaten Magelang mulai menyiapkan lumbung pangan untuk mengantisipasi kemungkinan makin panjangnya masa Pandemi Covid-19. Lumbung ini akan jadi cadangan makanan bagi warga yang terganggu secara ekonomi di saat krisis.

Koordinator posko induk Covid-19 sekaligus perangkat Desa Windusari, Kecamatan Windusari, Bety Kurniawati mengatakan, saat ini sudah mulai menyiapkan stok bahan pangan. Sebagian diantaranya bahkan sudah didistribusikan.

“Sementara ini, kami sudah mendistribusikan telur dan mi instant, dan beberapa minggu lagi, pendistribusian bahan pangan akan kembali kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan menjelang bulan Ramadhan,” ujarnya, kemarin.

Penerima bahan pangan terdata sebanyak 760 keluarga. Mereka adalah kelompok masyarakat miskin, non keluarga aparatur sipil negara (ASN), non keluarga TNI/Polri, serta keluarga miskin non penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) dan non peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

Bahan pangan yang disediakan oleh Pemerintah Desa Windusari meliputi mi instant, telur dan beras. Dari 760 keluarga tersebut, Bety mengatakan, pihaknya sudah mendistribusikan tujuh butir telur dan tujuh bungkus mi instant per keluarga.

Beberapa hari sebelum puasa, kegiatan penyaluran bantuan pangan akan dilanjutkan dengan mendistribusikan beras sebanyak 7 kilogram (kg) per keluarga, dan jika anggaran memungkinkan nantinya akan ditambah bantuan pangan lainnya. Semua bantuan pangan tersebut, kini sudah disimpan di toko milik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), yang kini difungsikan sebagai lumbung pangan.

Kepala Desa, Yusup Hidayat, mengatakan, total anggaran untuk penanganan Covid-19 di Desa Windusari, mencapai sekitar Rp 155 juta, termasuk di dalamnya anggaran untuk kebutuhan penyediaan bahan pangan.

Menurut dia, bantuan pangan mendesak diperlukan karena jumlah warga miskin akibat wabah Covid-19, diperkirakan meningkat.

“Selain karena banyak warga yang tinggal di desa mengalami penurunan pendapatan dan kehilangan pekerjaan, jumlah warga miskin di Desa Windusari dimungkinkan berkurang karena saat ini kami juga menerima banyak warga perantau yang kembali pulang karena menjadi korban PHK,” ujarnya.

Heri Purwanto, kepala Desa Krincing, Kecamatan Secang, mengatakan, saat ini pihaknya masih merancang program bantuan pangan yang nantinya akan dikemas dalam bentuk pasar murah.

Bahan pangan yang direncanakan dijual dalam pasar murah terdiri dari beras, telur, dan minyak goreng. Semua bahan pangan tersebut akan dijual di bawah harga pasar.

“Sementara ini, pasar murah direncanakan satu kali, sebelum Lebaran. Namun, jika wabah masih terus terjadi berkepanjangan, maka pasar murah akan kembali digelar setelah Lebaran,” ujarnya.

Pengadaan bahan pangan tersebut akan dilakukan dengan menggunakan dana desa sekitar Rp 100 juta.

Selain itu, Heri mengatakan, dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan kegiatan penanaman sayur di lahan bengkok seluas 5.000 meter persegi. Penanaman dilakukan dengan melibatkan warga, dan seluruh hasil panen nantinya akan dibagikan gratis untuk seluruh warga. 

Mayoritas masyarakat Desa Krincing bermata pencaharian sebagai petani yang biasa menanam padi. Namun, terkait dengan upaya penyediaan pangan, Heri mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi, bermitra dengan Desa Girikulon, Kecamatan Secang yang saat ini sudah mulai penanaman sayuran dalam skala besar.

“Jika nantinya produksi sayuran di desa kami kurang dari kebutuhan, maka kami akan berupaya menambahnya dengan melakukan barter beras dengan sayuran produksi Desa Girikulon,” ujarnya.

Adi Daya Perdana, kepala Desa Margoyoso, Kecamatan Salaman, mengatakan, pihaknya mengaku belum menganggarkan dana untuk kebutuhan penyediaan bahan pangan. Namun, menyadari kemungkinan terjadinya krisis pangan, dia pun sudah mengimbau warga untuk mulai menanam tanaman seperti sayuran dan buah di halaman rumah dan di polybag. (wan/her)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: