Empat Kecamatan di Magelang Dilanda Hujan Abu

BNews—MUNGKID— Erupsi Gunung Merapi pagi tadi (10/4/2020) berdampak hujan abu di sejumlah wilayah di Kabupaten Magelang. BPDB Kabupaten Magelang mencatat empat kecamatan terdampak.

Kepala BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto mengatakan tiga kecamatan terdampak hujan abu tipis. Diantaranya Ngablak, Dukun dan Sawangan dan Pakis. Meski demikian hujan abu tidak mempengauhi aktivitas warga.

Edy Susanto mengatakan sebaran hujan abu erupsi Merapi sampai pukul 09.55 WIB. Tidak berselang lama hujan abu mereda.”Sebagian desa di Kecamatan Ngablak,Dukun, Sawangan dan Pakis terjadi hujan abu,” kata Edy, siang ini.

Berdasarkan data yang masuk di BPBD Kabupaten Magelang, sebaran hujan abu tersebut terjadi di Kecamatan Dukun meliputi Desa Sumber, Kalibening dan Keningar. Abu juga mengguyur Dusun Bentrokan, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan.

Di Kecamatan Pakis, hujan abu meliputi Desa Ketundan, Pogalan, Kenalan dan Kedakan. “Informasi dari warga sebaran abu rata-rata mengarah ke wilayah Kecamatan Pakis bagian atas,” ujarnya.

Edy mengimbau, masyarakat tetap tenang dan tidak panik. Selain itu, untuk jarak bahaya dalam radius 3 km dari puncak Merapi. “Kami imbau warga masyarakat tetap tenang dan tidak panik. Kemudian, jarak bahaya dalam radius 3 km dari puncak Merapi,” tuturnya.

Mul Budi Santoso salah satu warga di Ngablak membenarkan adanya hujan abu tipis di wilayahnya. Sejauh ini tidak berdampak apapun namun warga diminta memakai masker. (her/wan)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: