Enam Warga Mungkid Terjangkid DBD

BNews–MUNGKID– Enam orang di Mungkid Magelang positif menderita Demam Berdarah Dengue (DBD). Aksi foging langsung dilakukan oleh petugas Puskesmas Mungkid dan Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang kemarin (5/3/2020).

Kegiatan foging tersebut dilakukan di Dusun Ndanggan, Desa Ngrajek, Kecamatan Mungkid. Hadir juga dari Koramil Mungkid yakni BabinsaNgrajek, Sertu Surono beserta 3 orang Babinsa lainnya.

“Selain foging ini kita bantu sosialisasi kepada masyarakat. Bagaimana pentingnya mengajak masyarakat agar lebih peka dan peduli terhadap lingkungan, terutama kepedulian masyarakat untuk mengantisipasi penyebab penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk jenis Aedes Aegypti,” ungkap Suroso.

Dijelaskannya, meskipun telah dilaksanakan kegiatan fogging, namun kesadaran warga tentang kebersihan lingkungan tetaplah sangat penting. Semua harus diawali dengan menjaga kebersihan sekitar rumah.

“Warga dapat berperan serta dengan langkah 3M, yakni menguras, menutup, dan mengubur barang-barang yang tidak diperlukan. Sebab barang yang tidak terpakai ini berpotensi menjadi sarang nyamuk penyebab DBD,” ujarnya.

Antisipasi lainnya, lanjut Surono, dapat dilakukan dengan cara pemberantasan sarang nyamuk (PSN). “Melalui bersih-bersih lingkungan dan pemberian abate di bak air manapun tempat penampungan air,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Desa Ngrajek, Muhammad Rizky Kurniawan mengungkapkan apresiasinya kegiatan tersebut. “Terima kasih instansi terkait dan jajaran Koramil Mungkid sudah melaksanakan fogging, sehingga dampak penyebaran nyamuk demamberdarah tidak akan menuebar ke warga lainnya,” tambahnya. (*/islh)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: