FK PKBM Magelang Halal Bihalal Online Karena Tidak Boleh Berkumpul

BNews–MAGELANG—Karena adanya pandemi Covid-19 yang melarang adanya kerumunan banyak orang. Keluarga besar Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kabupaten Magelang dan Dinas pendidikan bidang pembinaan paud dikmas gelar halal bihalal secara online.

Ketua FK PKBM Kabupaten Magelang Zaenal Afifudin menuturkan acara tersebut bertajuk halal bihalal PKBM Kabupaten Magelang seduluran sak lawase pada hari Rabu (3/6/2020). Pelaksanakan halal bihalal secara online sebagai salah satu langkah untuk mulai beradaptasi dengan keadaan dan tidak boleh menyerah.

“Hari Raya Idul Fitri harus menjadikan kita bangkit, syawal adalah bulan peningkatan, karena itu PKBM Kabupaten Magelang tetap terus meningkatkan pelayanannya ke warga belajar,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, adanya pandemi membuat pendidikan non formal dalam hal ini kesetaraan paket A, Paket B, Paket C. Dalam PKBM harus paling siap dan menjadi garda depan pendidikan.

PKBM sendiri sebenarnya sudah lebih dulu merancang pembelajarannya dengan model luring (luar jaringan) dan daring (dalam jaringan). Luring yakni dengan sistem modul, tutorial, tatap muka dan tugas mandiri sedangkan Daring dengan pembelajaran online dengan berbagai aplikasi yang tersedia gratis atau berbayar.

”Sebelum adanya pandemi saat ini, sistem itu belum merata dilaksanakan dan lambat responnya karena sifatnya pilihan dan masih bisa dilaksanakan dengan klasikal biasa,” jelas dia.

Lanjut Zaenal, setelah adanya Covid-19 yang hampir melumpuhkan semua sendi kehidupan, metode pembelajaran online langsung cepat terlaksana. Terbukti dari FK PKBM Kabupaten Magelang dapat menggelar ujian sekolah online dan 1079 warga lulus paket C.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

”Di Kabupaten Magelang ada 18 PKBM dan satu SKB dengan tutor hampir 200 orang. Sedangkan warga yang belajar ada ribuan orang sehingga harus terjalin komunikasi silaturahmi terutama di hari lebaran ini,” tandasnya.

Sementara itu, Kabid pembinaan Paud Dikmas Dra Bariah mengapresiasi PKBM Kabupaten Magelang yang dapat melaksanakan halal bihalal secara online. “Atas nama PKBM Kabupaten Magelang dan seluruh staf mengucapkan selamat idul fitri mohon maaf lahir batin mudah mudahan kita semua digolongkan orang orang yang taqwa,” tuturnya.

Hubungan FK PKBM dan Dinas Pendidikan bidang pembinaan paud dikmas harus terus terjalin. Sebab akan banyak agenda yang dikerjakan secara bersama sama. ”Kembangkan terus sistem pembelajaran online, layani warga putus sekolah yang masih banyak di Magelang ini seoptimal mungkin” tandasnya.

Menurut Kasi Kesetaraan Murni MPd mengingatkan ujian kenaikan kelas warga belajar paket b dan c di PKBM sebentar lagi. ”Persiapkan ujian tersebut agar disiapkan sebaik mungkin, dengan sistem online ataupun dengan menghadirkan warga belajar tetepi dengan protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

Halal bihalal online itu hampir 2 jam berlangsung. Ada tausiyah dari ust Choerodin, kemudian menyanyikan Indonesia Raya dan dihadiri juga oleh seluruh Ketua PKBM se Kabupaten Magelang, Plt SKB, Kabid dan Kasi. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: