[HOAX] Dishub dan Polisi Uji Coba E-Tilang Berbasis CCTV di Kota Magelang

BNews— MAGELANG— Mulai hari ini, Selasa (11/2) Dinas Perhubungan (Dishub) dan Polres Magelang Kota melakukan uji coba E-Tilang atau Tilang Elektronik. Pihaknya akan menindak pengendara yang melanggar melalui CCTV di beberapa traffic light di Magelang. Ternyata, kabar tersebut tidak benar alias hoax.

Pesan berantai mengenai uji coba E-Tilang CCTV di Kota Magelang telah beredar luas di pesan instan WhatsApp. Isinya, uji coba tersebut akan diberlakukan pukul 07.00 WIB. Dengan sepuluh titik lokasi pemantauan.

Diantaranya Simpang Tiga Kupatan, Hotel Safari dan Simpang Empat CPM. Kemudian Traffict Light Menowo, Kebonpolo, Jalan Pemuda, Shopping, Pasar Gotong Royong, Trio hingga Canguk. Pihaknya pertanggal 10 Februari akan menambah puluhan CCTV ditempat-tempat rawan pelanggaran lalu lintas.

”Tujuan pemasangan CCTV tersebut adalah untuk menangkap secara etail visual para pelanggar lalu lintas selanjutnya akan dilakukan penilangan secara elektronik dan dikirim ke rumah alamat sesuai nomor polisi,” kata isi pesan tersebut.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub Kota Magelang Singgih Indri Pranggana melalui Sekretaris Dinas Candra Wijatmiko Adi membantah kabar uji coba tersebut. Apalagi, sampai saat ini belum ada konfirmasi dari Polres Magelang Kota mengenai keputusan penggunaan E-Tilang.

”Kalau CCTV kita ada dan sudah berjalan. Dan program E-Tilang ke depan memang ada tapi belum ada MoU antara Dishub dan kepolisian,” kata Chandra kepada Borobudur News, (11/2).

Ditemui terpisah, Kapolres Magelang Kota AKBP Idham Mahdi melalui Kasat Lantas Polres Magelang Kota AKP Sumpening juga membantah informasi yang beredar luas di WhatsApp. Sumpening menegaskan, bila program itu benar namun belum bisa diterapkan di Kota Magelang.

”Tidak ada uji coba. Dan belum bisa terapkan karena untuk E-Tilang harus memiliki sarana dan prasarana yang memadahi dan itu belum dimiliki kami (Sat Lantas Polres Magelang Kota),” tegasnya kepada Borobudurnews.

Kasat Lantas Polres Magelang Kota AKP Sumpening. (Foto: Miftakhul Hayu Jatiningtias)

Diantaranya belum memiliki spesifikasi CCTV yang suesuai standar diberlakukannya E-Tilang. Yakni bisa melakukan zoom untuk melihat pengendara mobil memakai seat belt atau tidak. Dan bisa merekam Nopol Kendaraan.

Ke depan, jika sudah siap diperlakukan akan diinformasikan kepada masyarakat luas melalui sosialisasi. Baik secara langsung atau melalui media massa.

”Masyarakat jangan mudah percaya dengan informasi yang belum dikonfirmasi langsung oleh kami (kepolisian). Dan harus lebih waspada mengenai informasi apapun yang diterima,” pesan Sumpening. (cr1/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: