Hujan Picu Longsor, Sebuah Dapur Rumah Milik Warga Windusari Rusak

BNews—WINDUSARI—Dapur rumah milik Suwanto, warga Desa Windusari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang rusak akibat talut longsor, pada Rabu (2/12/2020) petang. Kejadian itu saat hujan mengguyur wilayah tersebut.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto, dapur rumah milik warga itu rusak akibat dari talut longsor.

”Hujan dengan intensitas ringan-sedang yang terjadi di Wilayah Kecamatan Windusari sejak jam 14.30 WIB hingg sore. Menyebabkan talut rumah milik Bapak Suwanto longsor yang mengakibatkan bagian dapur roboh,” katanya.

Dia menjelaskan, untuk rencana penanganan darurat akan dilakukan kerja bakti pada Kamis (3/12/2020). ”Assesment oleh TRC Kecamatan Windusari dan koordinasi dengan Pemdes setempat,” jelasnya.

Diketahui bahwa sebuah jalan penghubung desa, yang tak jauh dari lokasi talut longsor tersebut, juga mengalami longsor, pada Kamis (3/12/2020) sekitar pukul 01.00 WIB dinihari.

”Intensitas hujan pada Rabu siang hingga malam, membuat saluran drainase disamping jalan tersebut tidak mampu menampung debit air yang tinggi. Meluap dan menggerus atau mengikis tanah bagian bawah jalan,” jelas Edy.

”Karena kikisan terjadi terus menerus membuat jalan longsor. Akses jalan terputus,” sambungnya.

Tambah dia, sementara ini telah dilakukan assessment oleh TRC Kecamatan Windusari dan FPRB Lembing. Serta pemberian rambu tanda darurat di kedua sisi ujung jalan. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: