Ini Hasil Rapid Test Masal di Komplek Pemkab Magelang

BNews–MUNGKID– Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Wartawan anggota PWI Kabupaten Magelang jalani rapid test massal hari ini (8/6/2020). Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang bersama dimulainya Rapid Test Massal di 57 Desa.

Kepala Dinas Kesehatan, Retno Indriastuti mengatakan bahwa Rapit Tes kali ini dilaksanakan khusus bagi para pejabat di lingkup Setda Kabupaten Magelang. Serta ditambah sejumlah wartawan, dan para tenaga yang berhubungan langsung dengan masyarakat di lingkup Setda.

“Rapit Tes pagi ini kita berikan kuota sebanyak 84 orang karena memang dibagikan ke beberapa Desa juga,”  katanya.

Retno juga mengungkapkan, setelah menunggu hasil Rapid Test di Pemkab Magelang hasilnya baik semua. “Dari 84 orang yang menjalani Rapid Test baik itu ASN ataupun wartawan hasilnya non reaktif semua,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, tujuan utama Rapit Tes tersebut adalah sebagai screening awal untuk melihat kondisi anti bodi sebelum dilakukan pemeriksaan lanjutan apabila terjadi hasil yang reaktif.

“Jadi hasil RDT ini akan muncul 2 kategori yakni reaktif dan non reaktif. Bagi yang reaktif, akan kita tindak lanjuti dengan pemeriksaan lanjutan berupa pengambilan swab yang akan kita kirimkan hasilnya ke laboratorium,” paparnya.

Diketahui bahwa, Dinas Kesehatan akan melakukan Rapit Tes sebanyak 7.000 sasaran di wilayah Kabupaten Magelang. Sampai dengan tanggal (6/6/2020) sudah terlaksana sebanyak 2.749 sasaran meliputi kepada, kontak erat, tenaga kesehatan, dan masyarakat .

Loading...

“Dari jumlah 2.749 sasaran yang dinyatakan reaktif sebanyak 223, kemudian yang di swab dengan hasil positif sebanyak 105. Jadi Rapit Tes ini dilaksanakan sudah sejak awal sekali atau dari kasus pertama pasien positif Corona dari Kecamatan Tegalrejo itu (awal bulan Maret),” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: