Ini Isi Pidato Panglima TNI di SMA TN Magelang

BNews-MERTOYUDAN— Sebanyak 1.080 siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Taruna Nusantara Magelang mendengarkan ceramah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat kunjungannya kemarin senin (19/3). Ceramah kebangsaannya menekankan kepada seluruh generasi muda untuk tetap mempertahankan nilai ideologi Pancasila.

“Hal ini dilakukan di saat teknologi yang berkembang pesat, sehingga lama kelamaan ideologi negara tersebut mulai luntur di kalangan pemuda,” katanya.

Nilai ideologi Pancasila di kalangan generasi muda mengalami penurunan. Sudah terkena ideologi global. “Oleh karena itu, kami minta jangan sampai terpengaruh, generasi muda harus terus mempertahankan nilai ideologi Pancasila, jangan sampai nilai itu luntur,” imbuhnya.



Perkembangan teknologi saat ini diketahui sangat pesat, terutama dalam konteks Internet. ”Keberadaan internet menjadi salah satu faktor yang mempengaruhinya, Para pemuda malah lebih hapal budaya luar daripada nama pahlawannya sendiri,” paparnya.


Loading...


“Perlahan nilai pancasila semakin terkikis, hal itu yang membuat kita semua khawatir,” tegasnya.


Hadi menambahkan, hampir 51 persen penduduk telah terhubung dengan internet, Waktu yang dihabiskan untuk mengakses internet setiap harinya hampir 3/4 hari. “Adanya kemajuan ini tak hanya membawa dampak yang baik, tetapi juga membawa dampak yang buruk, Masyarakat khususnya generasi muda dapat mudah mengakses internet, mengetahui segala sesuatu dari dunia luar, termasuk paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila,” tambahnya.




“Mereka habiskan 3/4 hari hidup di dunia digital, 1/4 harinya untuk dunia nyata. Kemudahan mengakses internet, kita dapat memggetahui berita dari luar, tetapi dampak buruknya juga mudah terpengaruh paham dari luar,” kata Hadi.


“Saya mewanti-wanti kepada generasi muda untuk bersiap menghadapi Revolusi Industri 4.0, Berbagai ancaman akan datang mulai dari ancaman cyber crime atau kejahatan siber, ancaman biologis, dan ancaman kesenjangan,” pesannya.



“Kamiakan terus melakukan upaya agar ideologi Pancasila dapat terus dipegang kuat oleh generasi muda, Keberadaan Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) yang juga menggandeng TNI juga akan menguatkan langkah tersebut,” tandasnya.




Sementara itu, Kepala SMA Taruna Nusantara, Subagiyo, mengatakan, pihak SMA Taruna Nusantara mendapatkan kehormatan dengan kedatangan Panglima TNI yang datang secara perseorangan dan memberikan ceramah secara langsung kepada siswa SMA TN. “Saya harap kepada seluruh siswa agar dapat memahami dan melaksanakan instruksi dari Panglima TNI dan meneladani kepemimpinannya, Hal ini dilakukan demi menjadi generasi penerus dan calon pemimbin bangsa di masa yang akan datang,” pungkasnya.(bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: