Ini Penyebab Anak Kelas V SD di Temangung Bunuh Diri

BNews—TEMANGGUNG— Penyebab pasti seorang pelajar kelas V SD di Temanggung bernisial Han, 12, masih misteri. Namun, menurut psikolog, aksi nekat itu dilatarbelakangi rasa tertekan yang dialaminya.

Han, bocah 12 tahun ditemukan ayahnya gantung diri di rumah bagian belakang, kemarin. Selama ini dia tinggal  di Butuh Kecamatan/Kabupaten Temanggung bersama ayah dan ibu tirinya serta pamannya.

Advertisements


Psikolog anak, Mahalia Putik mengatakan, banyak faktor yang membuat anak melakukan tindakan nekat hingga mengakhiri hidup. Keluarga menjadi faktor paling penting agar anak terhindar dari hal-hal negatif.




“Bisa jadi karena anak mengalami tekanan yang tidak diceritakan. Bisa juga karena role model dari media, tv dan berita-berita di tv. Bisa juga karena si anak tidak punya tempat yang ingin dia tumpahkan,” katanya seperti dikutip inews.

Menurut Mahalia, untuk mencegah terulangnya kasus itu peran dan fungsi orang tua sangat dibutuhkan. Orang tua, kata dia, tidak hanya memberikan materi tapi kasih sayang dan mendengarkan keluhan anak.

“Kalau hal ini disadarai semua keluarga dan jadi kurikulum di rumah, insyaallah anak akan terlepas dari beban,” katanya. (her/jar)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: