Jangan Dibuang !! Kulit Buah Manggis Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

BNews–MAGELANG– Ternyata tidak hanya buahnya, kulit manggis juga dikenal berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit hingga menghambat pertumbuhan kanker.

Hal ini karena kulit manggis merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik.

Sebuah penelitian menemukan bahwa kulit manggis memiliki kandungan antioksidan berupa xanthone yang memiliki efek antibakteri, antiinflamasi, dan antijamur.

Hal inilah yang membuat kulit manggis diyakini baik untuk kesehatan.

Untuk mendapatkan manfaat kulit manggis, Anda bisa mengonsumsinya sebagai teh herbal, jus, maupun suplemen.

Namun, sebelum mengonsumsi suplemen kulit manggis, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya.

Ada beragam manfaat kulit manggis untuk kesehatan, di antaranya:

1. Mengurangi peradangan

Kandungan xanthone dan vitamin C pada kulit manggis dipercaya dapat mengatasi peradangan yang disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti radang sendi atau penyakit autoimun.

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas kulit manggis untuk mengurangi kondisi peradangan pada manusia.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Ekstrak kulit manggis memiliki kandungan serat yang diyakini baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mencegah penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah. Dengan demikian, risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke pun akan menurun.

3. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Kandungan xanthone pada kulit manggis dipercaya dapat menghambat perkembangan dan penyebaran sel kanker, misalnya kanker payudara dan kanker paru-paru.

Selain itu, sebuah studi juga menyebutkan bahwa efek antikanker pada kulit manggis dapat menghambat perkembangan kanker usus besar. Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan efektivitas kulit manggis untuk mengatasi kanker.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIKD ISINI)

4. Mengontrol gula darah

Manfaat kandungan xanthone yang tidak kalah penting pada kulit manggis adalah mengontrol kadar gula darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit manggis dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil.

Manfaat ini menjadikan kulit manggis sebagai salah satu obat herbal yang memiliki potensi untuk mencegah resistensi insulin dan diabetes. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter lebih dulu bila ingin menggunakan kulit manggis sebagai pengobatan diabetes.

5. Memperkuat daya tahan tubuh

Sebuah studi menyebutkan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak kulit manggis dapat menurunkan gejala peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan dan vitamin C yang terkandung di dalamnya.

Oleh karena itu, untuk melindungi tubuh agar terhindar dari penyakit infeksi, seperti flu dan COVID-19, Anda disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dan selalu mematuhi protokol kesehatan.

Cara Menyajikan Teh Kulit Manggis

Salah satu cara untuk mengonsumsi kulit manggis adalah dengan mengonsumsinya sebagai teh herbal. Cara membuatnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mempersiapkan bahan dan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Bahan-bahan :

  • 1 genggam kulit manggis kering
  • 1 kantong teh celup
  • 1 batang serai
  • 1,5 liter air
  • 2 sendok makan gula pasir
  • Jahe secukupnya

Cara mengolah

  • Cuci kulit manggis, jahe yang sudah dikupas kulitnya, dan serai hingga bersih.
  • Rebus semua bahan-bahan tersebut dan tambahkan 1 kantong teh celup.
  • Tunggu sampai mendidih dan air berkurang.
  • Saring dan tuang ke dalam gelas.
  • Tambahkan sedikit gula dan sajikan.

Memang ada beragam manfaat kulit manggis untuk kesehatan, tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dan keamanannya.

Selain itu, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau ingin menggunakan kulit manggis sebagai pengobatan untuk suatu penyakit, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter agar dapat dipastikan keamanannya. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: