Jumlah Personel Satpol PP Kabupaten Magelang Jauh Dari Ideal

BNews—MUNGKID— Jumlah personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di Kabupaten Magelang dinilai masih jauh dari proporsional. Saat ini, pihaknya baru memiliki 80 personel dengan cakupan tugas penertiban dan penegakan Peraturan Daerah (Perda) di 21 kecamatan.

Kasatpol PP dan Penanggulangan Kebakaran Kabupaten Magelang, Wisnu Harjanto tak menampik bila jumlah personel yang dimiliki masih jauh dari kata ideal. Dibandingkan Kabupaten Magelang yang luas wilayah lebih dari 1 juta kilometer persegi dengan jumlah penduduk hampir 1,3 juta.

”Kami rasa untuk jumlah memang kurang proporsional. Dilihat dari wilayah serta persoalan yang kompleks di lapangan, semestinya kami memiliki lebih lebih dari itu,” kata Wisnu tanpa merinci lebih jauh kebutuhan personel yang seharusnya dimiliki, Rabu (22/1).

Belum lagi, 80 personel yang ada saat ini memiliki pos tugas masing-masing yang terbagi menjadi dalam tiga bidang. Meliputi Kelembagaan Perda, Perlindungan Masyarakat (Linmas) dan Penertiban. Padahal Satpol PP setiap hari harus bekerja di lapangan seperti partoli, pengamanan asset pemda dan sebagainya.

”Sedang untuk sarana prasarana kami memiliki satu truk serta masing-masing dua mobil kijang patroli dan dua motor untuk pengamanan. Sarana prasarana sepertinya juga masih kurang,” katanya.

Penambahan personel melalui rekrutmen jalur seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 nyatanya juga tidak bisa diharapkan. Dalam seleksi tersebut, Pemkab Magelang diketahui hanya memberikan kuota sedikitnya 12 orang saja.

”Yang terpenting kami tetap harus bekerja profesional,” pungkas dia. (*/han)

Penulis: Wahid Fahrur Annas (Mahasiswa Magang IAIN Purwokerto)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: