Kala Petani Borobudur Berhenti Bekerja, Demi Upacara di Kali Tangsi

BNews—BOROBUDUR— Ratusan warga serta unsur TNI Polri menggelar upacara bendera HUT RI ke 74 dengan cara tak biasa. Mereka melakukannya di pinggir Sungai Tangsi Dusun Kedungrengit Desa Tegalarum Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang.

Mayoritas peserta adalah para petani yang biasa pagi sudah diladang. Ibu-ibu rumah tangga yang seharusnya masih memasak di rumah. Juga pemuda-pemudi yang biasa bekerja.

Advertisements
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});


Pagi tadi (17/8) mereka menggelar upacara penuh khidmat. Menyelesaikan satu persatu rangkaian upacara di pinggir Sungai Tangsi yang sudah terkena erupsi.

MERDEKA: Tidak hanya Laki-laki, namun kaum perempuan juga ikut dalam upacara di Kedungrengit Tegalarum Borobudur (17/8)--(Foto--Istimewa)
MERDEKA: Tidak hanya Laki-laki, namun kaum perempuan juga ikut dalam upacara di Kedungrengit Tegalarum Borobudur (17/8)–(Foto–Istimewa)

“Jumlah peserta upacara kali ini ada 300 lebih. Mereka adalah petani, ibu-ibu rumah tangga, pedagang, penyuluh pertanian dan TNI Polri,” kata Habib Sal, salah satu panitia.


Menurutnya, upacara sengaja digelar di pinggir sungai untuk menunjukkan semangat para petani dan warga pinggiran untuk menghormati HUT RI ke 74. “Kami juga ingin menunjukkan bahwa di sekitar sini sudah terjadi dampak erosi besar-besaran yang memakan lahan sawah warga,” kata dia. (bn1/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: