Kebun Raya Gunung Tidar Resmi Dibuka Kembali, Ini Aturan Bagi Pengunjung

BNews—MAGELANG—Kebun Raya Gunung Tidar Kota Magelang resmi dibuka bagi pengunjung pada hari ini (24/7/2020). Pembukaan tersebut masih tahap uji coba, mengingat kondisi saat ini masih dalam pandemi Covid-19.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Otros Trianto mengatakan, pihaknya telah menyiapkan SOP dan sarana prasarana yang mendukung penerapan protokol kesehatan yang ketat. Seperti pemasangan pintu gerbang untuk memudahkan pengawasan.

”Petugas juga dibekali pelatihan kedaruratan Kesehatan dan APD, guna mengantisipasi jika ada pengunjung yang pingsan atau terjadi kecelakan di Kawasan Kebun Raya Gunung Tidar,” kata dia.

Dia menjelaskan, pengunjung wajib memakai masker dan akan dilakukan pengecekan suhu tubuh maksimal 37.5 derajat celcius. Kemudian wajib mencuci tangan di tempat yang telah disediakan sebelum naik ke puncak Tidar.

”Jika ada pengunjung yang tidak memakai masker dan suhu tubuhnya melebihi batas yang ditetapkan, maka petugas akan melarang untuk memasuki kawasan,” jelasnya.

Sementara untuk jadwal berkunjung selama pandemi, lanjut Otros, pengunjung hanya dapat berziarah ke makam-makam pada Senin-Minggu dari pukul 07.00 – 15.30 WIB. Selain itu juga diharuskan menjaga jarak selama beraktivitas.

Walikota Magelang Sigit Widyonindito yang membuka langsung destinasi tersebut, meminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Yakni dimulai dari pintu masuk hingga pintu keluar.

”Kami cek kesiapannya. Sudah ada wastafel, pengecekan suhu tubuh, tanda jaga jarak dan prosedur protokol kesehatan lainnya. Adanya ketentuan ini agar pengunjung nyaman dan aman berwisata,” imbuh dia.

Download Musik Keren Disini

Sigit berharap, dengan uji coba pembukaan Kebun Raya Gunung Tidar ini bisa kembali membangkitkan sektor wisata dan ekomoni masyarakat di Kota Magelang. Setelah sempat terpukul akibat pandemi Covid-19.

Sebagai informasi, dalam pembukaan tersebut, Walikota Magelang Sigit Widyonindito didampingi Wakil Walikota Magelang Windarti Agustina, Sekda Joko Budiyono, sejumlah pejabat Forpimda dan kepala OPD Pemkot Magelang. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: